Stefan Michalak, seorang pengeksplor batu kuarsa meninggalkan Kota Winnipeg, Provinsi Manitoba, Kanada, ketika berada di Falcon Lake, ia melihat penampakan UFO, segera setelah itu pada tubuh Stefan telah muncul rasa tidak nyaman yang parah. Kasus pertemuan dengan UFO ini hingga sekarang masih berupa misteri, tak mampu dibuktikan keaslian maupun kepalsuannya. Puluhan tahun ini merupakan salah satu peristiwa UFO yang paling termasyur dari Kanada.

Media Kanada CBC pernah melaporkan, kasus penampakan UFO di Falcon Lake merupakan kasus paling terkenal di Kanada. Peneliti UFO dari Provinsi Manitoba, Edward Barker memberitahu CBC, pada Mei 1967, Stefan sewaktu di Falcon Lake menyadari ada 2 buah objek bersinar berputar-putar di depannya, salah satu darinya sedang dalam posisi tinggal landas, yang lainnya berhenti di suatu lokasi berjarak sekitar 50 meter.

Sesuai penuturan Stefan, garis tengah objek terbang berwarna keperakan itu sekitar 10 meter, sangat terang. Ia berjalan menghampiri untuk memeriksa objek terbang itu, ketika ia mencoba menyentuh benda itu, tiba-tiba saja si benda mendadak terbang. Sampai disitu, Stefan mulai merasa mual hebat. Kemudian selama beberapa minggu setelah itu ia menderita sakit kepala, mual, badan menipis, pening dan diare, tetapi para dokter toh tidak mampu menemukan penyebab apa pun.

9 bulan kemudian, Stefan ambruk, ia menemukan di dadanya telah muncul serangkaian flek berbentuk kotak-kotak seolah bekas terbakar. Dokter pribadi Stefan mengirimnya ke Mayo Clinic untuk pemeriksaan lebih lanjut. Beberapa minggu berlalu, sewaktu dokter itu berupaya menemukan hasil pemeriksaan, pihak Mayo Clinic menyebutkan, mereka tidak memiliki dokumen Stefan. Apakah yang menyebabkan kasus Stefan Michalak sedemikian menarik publik? Edward menjawab, adalah detailnya, proses yang ia alami sendiri secara langsung.

Kronologi peristiwa

Bahan yang tercatat dalam sejarah menunjukkan, ketika itu, Stefan telah menemukan dua pesawat tak dikenal yang berbentuk cerutu bercahaya merah. Kilauan cahaya dari UFO yang pergi meninggalkan tempat itu menuju ke arah barat, seolah lenyap di telan awan. Michalak berdiri di samping batu cadas untuk mengekstraksi batu kuarsa, ia berpikir benda itu semestinya adalah sebuah alat penerbangan untuk eksperimen milik Amerika Serikat. Tak begitu lama, sebuah pintu kecil dari pesawat itu terbuka dan memunculkan seberkas sinar terang, Stefan memutuskan menyelidikinya dari jarak dekat.

Stefan berupaya menyapa dalam berbagai macam bahasa, tetapi tidak ada respon. Stefan mengenakan kacamatanya dan melongokkan kepalanya ke dalam pesawat itu, ia menemukan sebuah interior mirip labirin, dengan sinar cahaya luar biasa kuat. Ia hendak meraba sejenak permukaan licin dari bodi pesawat itu, namun, begitu tangannya menyentuh, plat itu seolah terbakar. Kemudian, UFO itu perlahan bergerak, seberkas udara panas tersembur keluar dan membakar dada Stefan, dalam sekejap ia merasa pusing dan sangat menderita; UFO itu setelah membubung ke dalam aliran udara lantas lenyap tak berbekas.

Bau belerang bercampur dengan bau busuk yang terjadi karena pembakaran, membuat Stefan pening dan mulai muntah-muntah. Lalu, ditubuhnya bermunculan banyak kondisi yang tidak mengenakkan.

Pasca kejadian, seorang wartawan dari Winnipeg Tribune mengirim kawat kepada Stefan. Tak lama kemudian, kejadian itu menggemparkan kalangan internasional; para petugas penyelidik yang berdatangan dari organisasi berbeda dengan cepat memadati lokasi kejadian, para peneliti UFO, termasuk Edward Barker juga berada diantara mereka.

Pada tahun 1967, Stefan telah menerbitkan dengan biaya sendiri, sebuah buku kecil 40 halaman yang diberi judul “Saya Menemukan UFO”.

Misteri yang belum terungkap

Setelah kejadian itu menimbulkan kehebohan, ada saja orang yang menganggap bahwa itu adalah kisah karangan Stefan, atau imajinasi yang ia buat ketika ia sedang mabuk saat itu. Tetapi ada juga yang mengatakan, jika Stefan demi tujuan tertentu telah mencipta sebuah kebohongan rumit seperti itu, bahkan tidak tanggung-tanggung kesehatannya sebagai taruhanya, itu sungguh tidak mungkin.

Laporan CBC menyatakan, meski ada sejumlah dokter, ilmuwan terpandang, polisi kavaleri kerajaan Kanada, angkatan udara keluarga kerajaan Kanada, departemen kesehatan dan kesejahteraan serikat, departemen higienis dan kesejahteraan provinsi Manitoba yang telah melakukan penyelidikan atas kasus itu, hingga sekarang tak ada seorang pun yang dapat membuktikan atau menyangkal kejadian di luar nalar Stefan itu.

Sampai saat ini, kasus penampakan UFO di Falcon Lake masih saja merupakan salah satu kasus UFO yang paling bisa dipercaya dan dipandang sebagai objek penelitian bagi grup peneliti dan para petugas mereka. (whs/yant)

Share

Video Popular