Surabaya—Melanjutkan sukses Pesta Sains 2014 yang bertema bencana alam ( Amarah Bumi ), Insitute Francais Indonesia ( IFI ) melanjutkan misinya mengadakan kegiatan buaya ilmiah Pesta Sains 2015. Edisi ke 2 Pesta Sains di Indonesia digelar pada akhir Agustus – Desember 2015 dengan mengangkat tema Perubahan Iklim.

Slogan ini dipilih untuk menyertai persiapan KTT Iklim ‘Paris Climat’ 2015 atau COP ( Conference of the Parties ) 21 yang diadakan dari (30/11) hingga (11/12) di Paris. Pesta Sains ditujukan khususnya bagi pelajar dan mahasiswa ini akan diselenggarakan di seluruh jaringan perancis di Indonesia : 4 jaringan  IFI ( Bandung, Jakarta, Jogjakarta, Surabaya), Alliance Francais ( Bali dan Medan) sejumlah Warung Perancis ( WP ) dan perguruan tinggi dan sekolah mitra di 9 kota di Indonesia, Bandung-Jakarta-Jombang-Jogjakarta-Makasar, Malang, Medan, Surbaya dan Bali.

Acara utama Pesta Sains adalah pameran interaktif “ Iklim Berubah, dan Kita ?” oleh Espace Mendes Frances sebuah pusat Sains, teknik dan industry yang berbasis di Poitiers. Pameran yang terdiri dari panel, video, maket, alat peraga akan dipamerkan seluruh di jaringan IFI dimulai di Surabaya ( 28 Agustus – 12 September), Jogjakarta ( 19 September – 4 Oktober ), Bandung ( 10 – 24 Oktober) dan berakhir di Ibukota, 14-28 di bulan berikutnya. Jakarta tempat berakhirnya Pesta Sains 2015, periode jelang dimulainya konferensi COP di Perancis.

Selain pameran utama itu, IFI mengadakan pameran sains berbahasa Indonesia yang dibuat oleh berbagai badan penelitian dan pembangunan Perancis ( AFD, CIRAD, IRD) di seluruh jaringan IFI dan mitra IFI. Kegiatan dengan skala Nasional ini bertujuan untuk menyadarkan anak anak muda Indonesia terhadap aktualitas sains international. Semua acara tidak dipungut biaya.(Leonardo Nasution/Asari).

Share

Video Popular