Survei membuktikan bahwa makanan tertentu sesungguhnya memang memiliki kemampuan menghindari penyakit tertentu. Mereka kaya elemen kalium dan fosfor. Kandungan antioksidannya dapat membantu menetralisir radikal bebas, juga kandungan natriumnya sangat rendah atau bahkan tidak bernatrium, dengan demikian beban ginjal menjadi berkurang, itu sebabnya merekalah bahan makanan yang sehat dan baik untuk ginjal.

Situs kesehatan “davita.com” telah memilih 10 jenis makanan super yang dalam kehidupan sehari-hari lebih berguna untuk kesehatan dan dapat mencegah berbagai penyakit kronis dan peradangan.

Berikut 10 jenis makanan super untuk kesehatan ginjal Anda.

Paprika merah

Paprika merah merupakan bahan pangan rendah kalium dan bercita rasa tinggi, tapi itu bukan satu-satunya alasan sebagai bahan makan yang baik untuk ginjal, tetapi juga merupakan sumber sangat baik dari vitamin A, C dan B6, asam folat dan makanan berserat. Paprika merah juga mengandung lycopene yakni antioksidan untuk jenis kanker tertentu.

Putih telur

Putih telur adalah protein murni, memberikan kualitas tertinggi asam amino esensial. Sebagai makanan kesehatan untuk ginjal, protein yang terkandung di putih telur lebih baik dari kuning telur atau daging.

Ikan

Ikan mengandung protein berkualitas tinggi, asam lemak omega-3 dapat membantu melawan penyakit kardiovaskular (pembuluh darah jantung), juga dapat membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol baik. Jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3 tertinggi adalah tuna, herring, makarel, trout pelangi dan salmon.

Minyak zaitun

Dalam minyak zaitun terdapat Polifenol dan asam lemak tak jenuh tunggal, tidak mengandung kolesterol, dapat berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah peradangan. Yang terbaik membeli minyak zaitun ekstra virgin karena mengandung antioksidan lebih tinggi dan daya cerna bisa mencapai 94%. Minyak zaitun dapat dijadikan saus salad, untuk memasak dan melembekkan roti sebelum dimakan atau direndam dalam acar, sangat bermanfaat baik bagi kaum remaja maupun orang dewasa.

Bawang bombay

Bawang bombay adalah bumbu yang mengandung senyawa belerang dengan bau menyengat. Bawang bombay kaya akan senyawa flavonoid adalah antioksidan yang baik, dapat mengurangi penyakit kardiovaskular, menurunkan kolesterol dalam darah dan mencegah berbagai jenis kanker, juga sebagai sumber potasium dan kromium yang baik.

Kubis (kol)

Kubis adalah sayuran yang paling banyak digunakan dan sangat populer, kandungan gizinya tinggi dan biaya murah, serta memiliki peran penting dalam perawatan kesehatan, ia merupakan semacam bahan alami anti-kanker. Kubis selain mengandung banyak asam amino, karoten, vitamin B6, C dan E serta asam folat, juga kaya akan selulosa, dan elemen mangan dan molybdenum yang harus terdapat dalam tubuh, ia dapat mencegah gangguan saluran pencernaan dan meningkatkan kesehatan pembuluh jantung.

Kembang kol

Kembang kol kaya akan vitamin C, asam folat dan serat, serta senyawa glucosinolates dan senyawa tiosianat, membantu hati menetralisir zat beracun. Brokoli yang sejenis dengan kembang kol, lantaran mudah diserang serangga, maka kandungan pestisidanya relatif lebih banyak, dianjurkan menyiram di bawah keran selama satu menit, lalu direndam dalam air selama 5 menit, jika masih khawatir Anda dapat mengulang membersihkannya sekali lagi.

Bawang putih

Bawang putih dapat mengurangi pembentukan plak pada gigi, dan efektif menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan. Rasa pedas dari bawang putih berasal dari allicin, tetapi allicin bawang putih aslinya tidak eksis di dalam bawang putih, tetapi berasal dari histidin bawang putih yang dilepaskan oleh sel yang terpotong ketika bawang putih diiris; ia sangat aktif, dapat menghambat aktivitas beberapa enzim, sehingga berefek sebagai bakterisida.

Apel

Apel karena berhubungan dengan lama penyimpanan di kulitnya terdapat lapisan lilin, ada orang yang mengupasnya sebelum dimakan, sebetulnya dengan diletakkan dalam air panas suhu sedang, lilin akan mencair bila terkena panas, beberapa detik kemudian sudah dapat dimakan. Kulit apel mengandung jauh lebih banyak serat dan vitamin daripada dagingnya, dapat membantu membakar lemak dan penurunan berat badan. Apel dikenal dapat menurunkan kolesterol, mencegah sembelit, mencegah penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker.

Stroberi

Stroberi kaya akan dua macam senyawa fenolik: anthocyanin dan ellagic tannin, melindungi struktur sel tubuh manusia dan mencegah oksidasi. Stroberi merupakan sumber yang baik dari vitamin C, mangan dan serat. Lingkungan penyimpanan terbaik adalah di dalam lemari es pada suhu yang mendekati nol tetapi tidak sampai membeku. (Hui/Yant)

Share

Video Popular