Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) percaya bahwa rambut rontok dan rambut uban disebabkan fungsi liver (hati) dan ginjal yang melemah. Pola makan dan gaya hidup manusia modern sekarang justru adalah salah satu penyebab disfungsi ginjal dan liver. Dari pengalaman PTT, ketika fungsi organ memburuk, maka dengan merangsang titik meridian terkait, dapat memperkuat fungsi meridian tersebut. Secara teratur memijat titik akupunktur Fengchi dan Taixi, dapat meningkatkan sari pati darah, gejala stagnasi Qi dan stasis darah serta mencapai kondisi rambut lebat dan menghitam.

Titik akupunktur Fengchi

Sepasang titik akupunktur Fengchi (dibaca: feng je, = kolam angin) berada di sisi tengkuk, dinamakan demikian karena terletak di cekungan laiknya sebuah kolam, juga sebagai titik utama penyembuhan sindrom masuk angin.

Fungsi

Mengusir angin, jie biao (berkeringat pasca minum jamu PTT dengan tujuan mengusir masuk angin dan menurunkan panas), membeningkan kepala dan mata, berguna untuk lubang-lubang panca indra.

Pencarian lokasi titik akupunktur

Kedua telapak tangan menempel ke telinga, jari-jari terbuka secara alami lalu memegang kepala, dorong kedua ibu jari ke atas pada pertemuan antara tengkuk dan batas rambut yang masing-masing terdapat sebuah lekukan. Atau letakkan ibu jari dan jari tengah secara alami pada kedua sisi tulang occipital, gerakkan secara perlahan sampai kedua lekukan tulang occipital itu teraba jelas, itulah titik akupunktur Fengchi.

Cara memijat

Memilih salah satu cara yang dirasa baik.
1. Dengan ibu jari dan jari tengah dari kedua tangan, pijat dan urut kedua titik tersebut.
2. Gunakan jari telunjuk yang diletakkan pada titik akupunktur Fengchi, perkuat daya tekannya, sementara itu tangan satunya menekan kepala dari arah berlawanan, sampai mencapai posisi yang tepat sehingga ketika proses memijat posisinya tidak tergeser.
3. Juga dapat menggunakan metode kompresi, dengan empat jari diletakkan di kedua sisi kepala, ujung jempol menekan titik akupunktur Fengchi, pergunakan ibu jari itu tekan dan pijat secara bolak-balik.
4. Gunakan kelima jari seperti cakar yang diciutkan lalu mengetuk titik Fengchi itu, dengan demikian dapat mengusir angin yang masuk, selain itu juga dapat menjernihkan panca indera.

Titik akupunktur Taixi

Aksara Tai (太) dari titik akupuntur Taixi (dibaca: dai si), yang berarti sangat besar (溪/xi, = kali). Dinamakan demikian, karena Qi meridian dari meridian ginjal Zushaoyin yang berawal dari telapak kaki, melalui titik Ran Gu, menggerojok menjadi kali besar serta saling berpadanan dengan arteri.

Fungsi

Memperkuat ginjal dan meredakan api dalam tubuh.

Pencarian lokasi titik akupunktur

Titik akupunktur Taixi berada di bagian belakang sisi dalam kaki, di dalam lekukan antara bagian belakang tulang tumit dan tendon pergelangan kaki (yaitu: di tengah lekukan dari tumit sebelah dalam).

Cara memijat

1. Gunakan moxa moksibusi berbentuk sumbu dan dibakarkan 3-5 batang atau moxa moksibusi berbentuk batangan dikompreskan sela-ma 10 – 15 menit.

2. Memijat dengan jempol.

Bagi yang memiliki kondisi fisik agak lemah, pada awal pijatan tidak terasa sakit, jika saat itu tidak terasa sakit harus dipijat sampai terasa sakit, akan tetapi jika dipijat sakit harus dilanjut sampai tidak terasa sakit, arahkan Qi (dibaca chi, energi vital atau energi meridian) dan darah mengalir menuju titik akupunktur Yongquan pada telapak kaki. Terasa sakit karena ada darah yang tersumbat, sebaliknya apabila tidak tersumbat maka tidak terasa sakit.

Ada yang acapkali merasakan nyeri pada tumit, kaum perempuan ketika menstruasi perut terasa sakit, atau ada orang yang tenggorokannya sering terasa kering tapi setelah minum air tidak juga membaik, coba pijatlah titik akupunktur Taixi akan sangat berguna.

Taixi aslinya merupakan titik akupunktur meridian ginjal, berfungsi menyehatkan Yin-Yang ginjal, ia tidak hanya menyehatkan ginjal, juga seluruh tubuh. Ginjal adalah harta alami kita, yang harus melalui aktivitas liver baru dapat berfungsi dengan maksimal. Oleh sebab itu memelihara liver adalah hal yang penting, dan ginjal memberikan jaminan perlindungan untuk nutrisi hati, itu sebabnya jika sering memijat titik ini, maka ia dapat menjebol dan melancarkan titik akupunktur lain, akhirnya seluruh meridian akan terbuka dan tubuh Anda pun secara tak sadar akan kembali menjadi sehat. (Hui/Yant)

Share

Video Popular