Begadang, stres, makanan tinggi lemak, tinggi kalori, kurangnya latihan fisik, membuat kualitas fisik manusia zaman sekarang tidak tahan dengan olahraga yang berat, rentan terhadap sakit punggung/pinggang, insomnia, influensa, muncul fenomena fungsi hati dan ginjal melemah.

Dalam metoda PTT (Pengobatan Tradisional Tiongkok), ada banyak titik akupunktur untuk memperkuat ginjal, luangkan waktu barang beberapa menit saja untuk pijat, itu terutama berguna untuk memperkuat ginjal dan sari pati tubuh.

Sering-sering memijat tiga titik akupunktur ini secara konsisten dan dipertahankan untuk jangka waktu tertentu, pasti dapat membenahi fungsi ginjal:

Menggosok telinga

Lima Elemen dari PTT menekankan “ginjal menguasai saripati organ dalam, pintu masuk ke meridiannya berasal dari telinga”, memijat telinga dapat meregulasi fungsi ginjal. Pengobatan Tradisional Tiongkok T percaya bahwa telinga merupakan tempat berkumpulnya meridian seluruh tubuh. Oleh karena itu, jika secara kontinyu menggosok dan memijat (cuping) telinga maka dapat berefek menyehatkan ginjal dan menguatkan pinggang.

Metode menggosok telinga: setelah menggesek-gesek sampai hangat kedua telapak tangan lalu pijatlah bagian depan kedua telinga (menghadap sisi kiri/ kanan), lalu dilanjut dengan memijat dengan menggosok ke arah atas dan kembali ke arah bawah dengan menekuk bagian belakang telinga, diulang sampai 10 kali. Anda juga dapat menggosok daun telinga, dengan jari telunjuk menempel bagian dalam daun telinga, sementara itu ibu jari menempel pada bagian luar dari daun telinga, gosok-gosoklah sampai hangat. Sering kali menggosok telinga dapat memperlancar sirkulasi meridian dan memiliki efek kesehatan pada seluruh ginjal dan organ tubuh.

Menggosok pinggang

Pijat dikenal sebagai perawatan medis tertua di Tiongkok. Gosok dan pijatlah mata pinggang Anda dengan kedua tangan, dapat mencegah nyeri/sakit pada pinggang. Titik akupunktur mata pinggang terletak di Daimai, di bagian tengah meridian yang mengelilingi pinggang, ia merupakan tempat bersemayamnya ginjal.

Metode menggosok pinggang: di seputar pinggang terdapat titik akupunktur Shenshu dan Mingmen , pijat dengan ringan pinggang Anda dengan posisi ujung jari telapak tangan menghadap bawah, pijatlah ke atas dan bawah 5 sampai 10 menit, atau sampai pinggang terasa panas.

Memijat Dantian

Yang dimaksud dengan Dantian (dibaca: tan dien) adalah titik akupunktur Qihai. Titik akupunktur Dantian terhubung dengan jiwa primer manusia, merupakan sumber penggerak kehidupan manusia. Pijat titik ini dapat menggerakkan metabolisme Qi (energi vital) dan darah dari meridian organ dalam, dan tercapai efek menyehatkan limpa dan Qi, berkhasiat melembutkan fungsi liver dan menguatkan fungsi ginjal.

Metode memijat Dantian: Menggosok kedua telapak tangan sampai panas, telapak tangan kanan menempel di sisi kanan dari tuberkulum pubikum luar, berjarak sekitar 7 cm dari garis tengah titik akupunktur Qihai, sementara itu tangan kiri dalam gerakan melingkar menggosok di sekitar pusar ke arah pergerakan usus besar (berlawanan arah dengan jarum jam).

Pijat titik akupunktur Dantian bermanfaat antisipatif bagi ginekologi pria dan wanita, terutama memiliki efek ajaib bagi kaum manula. (Hui)

Share

Video Popular