Ginjal adalah organ vital untuk detoksifikasi tubuh manusia. Sangat penting sekali bagi kaum pria, karena seluruh kesehatan tubuh pria memiliki hubungan erat yang tak terpisahkan dengan ginjal. Sedangkan gaya hidup yang tidak sehat dan terutama makanan sampah (junk food), adalah pelaku utama terbesar yang mampu menghancurkan ginjal.

Berikut ini adalah 5 kelompok makanan yang dapat membahayakan ginjal, demi kesehatan Anda, hindarilah.

1. Roti lunak/lembut

Banyak orang suka makan roti lembut manis aromatis yang dapat memuaskan lidah pengecap. Roti lembut meskipun lezat, tetapi dapat merugikan kesehatan ginjal kaum pria. Karena di dalam proses pembuatan roti lembut, untuk mencapai efek longgar dan lembut pada lidah, produsen menambahkan semacam zat aditif yakni “kalium bromat”, dengan demikian roti sejenis itu terasa lembut tanpa kehilangan elastisitas. Namun, kalium bromat itu dapat mengganggu fungsi normal ginjal, asupan yang berlebihan dari kalium bromat selain dapat menyebabkan nefritis (radang buah ginjal), juga dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan kanker.

2. Produk kacang kedelai

Protein merupakan nutrisi penting bagi tubuh manusia, bagi yang tidak suka makan daging dapat melengkapi protein tubuh dengan produk kacang kedelai seperti susu kedelai, tahu, kulit tahu dan produk kedelai lainnya, juga tidak perlu khawatir menjadi gemuk. Namun, zat protein setelah memasuki tubuh, tidak dapat secara langsung diekskresikan, melainkan harus melalui metabolisme dalam tubuh baru dapat terurai menjadi limbah yang mengandung nitrogen dan diekskresikan melalui urin. Bagi penggemar berat produk kedelai tersebut, dapat memengaruhi fungsi normal ginjal sehingga sehingga berefek negatif bagi ginjal.

3. Gorengan

Fungsi utama dari ginjal adalah untuk menyaring zat berbahaya dan mengekskresikannya dari dalam tubuh demi menjaga tubuh tetap sehat. Gorengan setelah melalui proses penggorengan dapat terjadi reaksi oksidasi dan membentuk banyak karsinogen yang berbahaya bagi tubuh, diantaranya termasuk asam lemak trans si penyebab utama obesitas. Banyak orang menyadari bahwa makanan gorengan itu tidak sehat, tapi tekstur yang renyah sungguh sulit untuk ditolak. Selain itu, asam lemak trans dalam darah akan sulit untuk dikeluarkan dari dalam tubuh, hal itu dapat menghambat filtrasi di dalam ginjal, sehingga meningkatkan beban pada ginjal.

4. Produk asinan

Garam adalah bumbu penting yang harus disiapkan di dalam dapur, ada orang yang suka makan secara hambar, sementara itu ada yang doyan makanan dengan citarasa berat. Akan tetapi, yang paling ditakuti oleh ginjal adalah rasa asin, dan di dalam garam mengandung Natrium dalam jumlah besar, setelah memasuki tubuh, dapat menyerap kelembaban dalam tubuh, maka fungsi ginjal yang hanya mengandalkan kelembaban air untuk detoksifi kasi tidak mampu mengekskresi semua racun, sehingga racun akan menumpuk dalam tubuh dan dapat menyebabkan kerusakan ginjal, bahkan gagal ginjal.

5. Makanan dingin

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa makanan dingin dari kulkas/ freezer dapat merugikan kesehatan ginjal, karena suhu yang terlampau dingin dapat menyebabkan iritasi ginjal, dan dapat memengaruhi sirkulasi darah dalam ginjal, ditambah lagi dibawah rangsangan minuman dingin, juga memungkinkan pembuluh darah dalam ginjal akan pecah dan terjadi perdarahan dalam urin. (Hui)

Share

Video Popular