Ketika seseorang menderita penyakit, ada kemungkinan bahwa dia telah mengabaikan gejala awal yang diungkapkan oleh tubuh, khususnya bagian kaki. Ada beberapa gejala awal penyakit yang dapat diungkapkan oleh kaki kita. Perubahan pada kaki dapat mengingatkan kita tentang gejala penyakit yang serius seperti diabetes, tiroid dan bahkan penyakit jantung, sebelum Anda berkonsultasi pada dokter.

Berikut, ada beberapa tanda kaki yang dapat mengungkapkan kondisi kesehatan tubuh.

Kaki yang kering dan pecah – pecah

Ini bisa menjadi tanda utama dari “masalah tiroid (kelenjar gondok)”. Hal ini perlu perhatikan, jika Anda telah mengunakan banyak pelembab dan tidak ada perubahan pada kaki Anda, maka ini menjadi salah satu dari 5 gejala penyakit yang diungkapkan oleh kaki kita.

Borok yang tidak bisa sembuh

Bila terdapat borok atau luka kecelakaan pada kaki (bagian lain dari tubuh) yang tidak bisa sembuh dalam waktu yang lama, maka itu bisa menjadi tanda utama dari penyakit “Diabetes”. Ketika tingkat kadar gula dalam darah tidak terkendali dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, sehingga sirkulasi darah dalam tubuh menjadi buruk, terutama bagian kaki.

Jari kaki yang membengkak

Makanan yang mengandung purin (senyawa kimia) yang ditemukan dalam daging merah, ikan, dan alkohol tertentu, dapat menjadi penyebab dari jari kaki yang membengkak. Senyawa purin ini, yang meningkatkan asam urat dalam tubuh Anda. Anda disarankan, sebaiknya dapat berkonsultasi dengan ahli gizi yang dapat membantu Anda dengan diet yang tepat untuk kondisi ini. Ini adalah salah satu gejala dari penyakit diungkapkan oleh kaki.

Garis merah di bawah kuku kaki

Garis-garis merah yang halus muncul di bagian dalam kuku kaki. Ini adalah tanda utama dari “infeksi hati”. Hal ini terjadi ketika pembuluh darah mengalami kerusakan dan dikenal sebagai perdarahan sempalan.

Orang yang sedang menjalani kemoterapi, HIV atau pasien diabetes memiliki gejala ini. Anda disarankan sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter Anda, jika gejala ini muncul, sehingga dapat menghindarikan tubuh Anda dari kerusakan yang berkelanjutan.

Clubbing fingers atau digital clubbing

Clubbing fingers atau digital clubbing merupakan kelainan bentuk jari dan kuku yang menjadikan jari tangan dan kaki membulat.Ketika clubbing muncul di kedua jari kaki maka itu adalah tanda utama dari “kanker paru-paru”. Selain kanker paru-paru sering dikaitkan dengan infeksi kronis paru-paru, penyakit jantung, atau bahkan penyakit usus. Pastikan Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika gejala ini muncul. Ini adalah gejala lain yang kaki kami mengungkapkan tentang penyakit.(Anai)

Share

Video Popular