Kita sering mendengar kata tiroid (gondok) dalam kaitannya dengan penyakit. Ini adalah salah satu penyakit yang paling umum saat ini. Ketika gondok menjadi besar ada kemungkinan akan dapat menyebabkan kanker yang mengancam jiwa.

Ada dua jenis utama dari penyakit tiroid. Ketika tubuh kita menghasilkan jumlah kelebihan hormon tiroid maka kondisi ini dikenal sebagai hipertiroid. Ketika menghasilkan lebih sedikit hormon tiroid maka kondisi ini dikenal sebagai hypothyroidism.

Mengetahui gejala dan mengambil tindakan pencegahan adalah pilihan terbaik. Berikut gejala-gejala yang umum penyakit tiroid tersebut.

Perubahan dalam tidur

Mendengkur dapat menjadi tanda dari masalah tiroid (gondok). Hormon tiroid (T3, dan T4),yang aktif berlebihan dapat menstimulasi kembali pada sistem saraf. Hal ini dapat menyebabkan insomnia. Jika Anda merasa mengantuk, bahkan setelah Anda tidur selama 8 jam dan masih merasa lesu sepanjang hari, maka ada kemungkinan Anda mendapat gejala gondok.

Cemas

Jika Anda merasa cemas, gelisah tanpa alasan dan ini terus berlanjut selama beberapa waktu, maka mungkin tanda-tanda penyakit gondok. Hal ini terjadi karena saat ini hormon tiroid bersifat hiperaktif dalam tubuh. Kelebihan hormon tiroid dapat menyebabkan pasien merasa cemas tentang apa saja dan terhadap segala sesuatu.

Fungsi usus terganggu

Jika Anda sering mengalami sembelit, maka ini dapat menjadi tanda hormon tiroid yang kurang aktif bekerja dalam tubuh Anda. Hal ini dapat memengaruhi sistem metabolisme usus, sehingga menyebabkan sering terjadi sembelit. Meskipun Anda tidak menderita diare, namun akan kerepotan jika sering ke kamar kecil. Ini adalah tanda utama dari penyakit tiroid.

Penipisan rambut

Penipisan rambut pada tubuh Anda terutama alis Anda merupakan tanda penyakit tiroid. Studi menunjukkan bahwa tiroid kurang aktif atau terlalu aktif dapat mengubah pola pertumbuhan rambut. Ketika hormon tiroid berada dalam kondisi yang tidak seimbang, rambut akan tampak menipis.

Keringat berlebihan

Jika Anda berkeringat secar berlebihan,bahkan dalam keadaan normal, maka kondisi ini harus Anda perhatikan. Keringat yang berlebihan, ketika Anda tidak sedang berolahraga, maka ada kemungkinan berhubungan dengan hormon tiroid yang hiperaktif. Dengan kondisi ini, Anda disarankan sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter .

Berat badan tak stabil

Jika berat badan Anda terus menurun, walaupun tidak berada dalam program diet, maka dapat menjadi, mungkin disebabkan oleh tiroid yang terlalu aktif. Di sisi lain, jika hormon tiroid ini bekerja secara kurang aktif dalam tubuh, dapat menyebabkan penambahan berat badan, meskipun tidak adanya penambahan asupan makanan. Anda disarankan sebaiknya, setahun sekali dapat memeriksa kadar tiroid tubuh Anda untuk menyadari hal ini.

Menstruasi

Jika gejala menstruasi Anda lebih berat, lebih lama atau tidak teratur, maka ada kemungkinan masalah tiroid. Ini adalah gejala umum di kalangan wanita. Hal ini disebabkan oleh kurangnya produksi hormon yang cukup pada kelenjar tiroid.(Anai)

Share

Video Popular