Lamanya waktu kerja para pekerja kantoran dan seringnya lembur, bahkan hingga larut malam, memicu tekanan kerja, sehingga menyebabkan hiperaktif pada saraf simpatik, membuat napas menjadi pendek dan cepat. Jika tetap dalam gaya (hidup) yang sama dalam jangka waktu panjang, Mempertahankan posisi yang sama untuk waktu yang lama, maka pernapasan oksigen tubuh akan berkurang dan menyebabkan kepala terasa berat, kemudian terjadi masalah hipoksia (kekurangan oksigen pada tubuh), lalu perlahan-lahan menjadi potensi “sindrom hipoksia kronis”.

Duduk lama dengan satu posisi dalam jangka waktu panjang dan kurangnya olahraga, adalah salah satu faktor yang menyebabkan turunnya kapasitas paru-paru, sehingga memicu rasa lelah dan dispnea (kesulitan bernapas) saat berolahraga, nyeri otot dan rasa tidak nyaman lainnya, sehingga tampak cepat menua.

Berikut 6 gejala “sindrom hipoksia kronis” :

1. Masih merasa lelah dan selalu menguap seusai bangun tidur.

2. Merasa lesu dan tidak semangat sepanjang hari.

3. Tidak responsif, perhatian dan daya ingat menurun, pelupa.

4. Sering sakit kepala, pusing, mata berkunang-kunang.

5. Otot mudah terasa nyeri dan kaku.

6. Sering insomnia, mudah naik darah, sering berkeluh kesah dengan sendirinya.

Sudah benarkah Anda bernapas ?

Orang-orang sekarang cenderung punya gejala “hiperventilasi” (gangguan pernapasan atau bernapas lebih cepat dari biasanya melalui mulut seperti mendesah dan menguap), jika bernafas dengan cara cepat seperti ini dalam jangka waktu lama, tubuh bukan saja tidak mendapatkan oksigen yang cukup, tapi juga akan menguras banyak energi saat bernapas, sehingga berdampak pada fungsi organ lainnya.

Pola pernapasan yang benar, seharusnya lebih banyak menggunakan pernapasan perut secara perlahan dan melepaskan napas secara panjang mendalam, agar paru–paru bisa mengganti udara secara efektif. Bernapaslah secara stabil dan mendalam, supaya jasmani dan rohani lebih selaras.

Jaga otot pernapasan Anda

Jika bernapas dengan benar, maka secara otomatis tubuh kita juga akan jadi nyaman dan sehat. Bagi Anda pekerja kantor sebaiknya perbaiki kebiasaan duduk lama Anda di satu tempat (posisi). Baranjak dari kursi duduk Anda setiap jam dan regangkan diri (meluruskan punggung untuk melepaskan penat), dan kembangkan kebiasaan berolahraga secara teratur. Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kardiovascular endurance (daya tahan jantung), selain itu juga meringankan tekanan mental, bermanfaat bagi perkembangan fisik dan mental, dan cara yang baik dalam meningkatkan efisiensi kerja.

Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan bahwa orang dewasa sebaiknya berolaharaga minimal 150 menit per minggu. Menggunakan pernapasan perut secara perlahan dan melepaskan napas secara panjang mendalam, untuk meningkatkan kapasitas pertukaran udara dan mendorong fungsi saraf parasimpatik, dapat memperbaiki gejala tubuh kekurangan oksigen, membantu pikiran lebih jelas, dan selain meningkatkan efisiensi kerja, sekaligus juga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan energik.(Jhn/Yant)

Share

Video Popular