Kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun kadar kolesterol yang tinggi di dalam sangat berbahaya untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Untuk menurunkan kadar kolesterol bisa dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Berikut 6 jenis makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Terong

Terong mengandung multi vitamin, terutama terong ungu mengandung lebih banyak vitamin P, dapat meningkatkan adhesi sel dan elastisitas kapiler. Hasil penelitian medis menyebutkan bahwa terong dapat menurunkan kolesterol, juga dapat mencegah kerusakan pembuluh darah yang disebabkan oleh hiperlipidemia, dapat membantu pengobatan hipertensi, hiperlipidemia, aterosklerosis dan gejala penyakit lainnya.

2. Kacang kedelai muda

Kadar lemak kedelai jelas lebih tinggi daripada sayuran jenis lainnya, tetapi sebagian besar didominasi oleh asam lemak tak jenuh, misalnya linoleat dan linolenat yang mutlak bagi tubuh yang dapat memperbaiki proses metabolisme lemak. Kacang kedelai juga mengandung senyawa yang dapat membersihkan endapan lemak di dinding pembuluh darah, yang berefek menurunkan kolesterol dalam darah dan lemak darah.

3. Wortel

Hasil penelitian modern mendapati bahwa wortel mengandung banyak kalium biologis, yang dapat mengemulsi lemak dalam darah setelah kalium itu masuk ke dalam darah. Selain itu juga bisa secara efektif melarutkan “plak kolesterol” yang menumpuk di dinding pembuluh darah, dan mengeluarkan “sampah-sampah” ini, sehingga berefek menurunkan lemak darah, memurnikan darah, meningkatkan elastisitas dinding pembuluh darah, dan meningkatkan efek mikrosirkulasi.

4. Barley (jelai)

Barley atau jelai (biji-bijian yang berasal dari keluarga gandum) dapat mengurangi lemak darah dan gula darah, meningkatkan metabolisme, dan efektif melancarkan kemih, juga bisa secara efektif memperbaiki gejala edema. Selain itu, kalori barley relatif rendah, serat larutnya yang melimpah dapat memperbaiki gejala sembelit, membersihkan racun yang menumpuk di dalam tubuh.

5. Kecambah kacang hijau (taoge)

Kacang hijau itu sendiri merupakan makanan yang sangat baik dalam menurunkan kolesterol, dalam proses perkembangan tunasnya, vitamin C dapat mencapai 6 – 7 kali banyaknya dari kandungan vitamin dalam kacang hijau. Vitamin C yang melimpah itu dapat meningkatkan ekskresi kolesterol, mencegah pengendapannya dalam lapisan arteri. Serat makanan kecambah hijau dapat membantu membersihkan tubuh dari zat-zat yang tidak berguna, selain itu juga dapat menyatu dengan kolesterol dalam makanan, dan mengubahnya menjadi asam empedu yang diekskresikan, sehingga mencapai target menurunkan lipid/lemak darah

6. Bawang putih

Bawang putih, jahe dan makanan lain selalu dijadikan sebagai makanan anti kanker. Namun, selain khasiat ini, capsaicin yang terkandung dalam bawang putih dapat membersihkan lemak yang tertimbun di dalam pembuluh darah, dan berkhasiat menurunkan lipid darah secara signifikan. (Jhn/Yant)

Share

Video Popular