Secara umum, katarak dianggap berhubungan dengan usia dan jenis kelamin. Mereka yang berusia di atas 55 tahun sebaiknya hati-hati terserang katarak. Ada sebagian kecil dari katarak itu tergolong hereditas bawaan, bahkan ada bayi yang menderita katarak.

Ada beberapa titik akupunktur di sekeliling lekuk atau pinggir mata, coba pijat dengan lembut, berkhasiat terapi dan perawatan (kesehatan) mata, cukup efektif dalam mengatasi hampir semua gangguan (penyakit) terkait mata atau penglihatan. Titik-titik akupunktur terkait meliputi titik Can Cu (di dalam ujung alis mata),titik akupunktur ini bersifat menguatkan fungsi penglihatan mata, titik Yu Yao (berada di tengah-tengah alis mata kiri dan kanan tepat di atas pupil), berkhasiat untuk mengatasi penyakit mata, mata merah dan bengkak dan migraine. Titik Tong ziliao (meridian kandung empedu, 0,5 cun (1 cun= 3,33 cm) di samping lekuk mata luar, untuk menguatkan penglihatan, menghentikan nyeri mata, melancarkan energi meridian, juga untuk katarak, radang mata, glaucoma, mata merah, mata berair, rabun siang), Cheng qi (kantung airmata, terletak di tepi bawah orbita, tepat di garis lurus yang ditarik melalui pusat pupil mata pada waktu melihat ke depan. Indikasi : Menyembuhkan mata merah, sakit atau bengkak, myopi, radang konjungtiva. Titik Jingming/mata bersinar/terang (terletak di sisi luar pangkal hidung, sisi bagian dalam tulang hidung atau 0,1 cun dari batas orbital. Indikasi : menyembuhkan kelainan-kelainan mata (merah, gatal, sakit, bengkak); buta warna; rabun ayam; gangguan pada mata. Gunakan ujung sendi jari telunjuk, pijat beberapa titik meridian ini dengan lembut secara bergantian, pijat secara bergantian sekitar 20 – 30 menit setiap hari.

Mencegah iritasi mata, luka luar

Selain itu, mereka yang pernah cedera atau iritasi mata, pernah menjalani operasi, mengonsumsi obat steroid atau obat penurun gula darah dalam jangka panjang karena gula darah yang terlalu tinggi, adalah kelompok yang rentan terserang katarak. Sementara itu, genetik juga merupakan salah satu faktor katarak, jika ada yang pernah menderita katarak dalam anggota keluarga Anda, besar kemungkinan di masa depan juga akan menderita katarak.

Karena faktor-faktor ini merupakan kemungkinan akan menderita katarak, cobalah jaga dan rawat mata Anda jangan sampai cedera, atau terjadi peradangan pada mata.Jika memang benar-benar bisa menghindari faktor-faktor tersebut, niscaya katarak tidak akan menjadi mimpi buruk.

Terapi pengobatan Tiongkok itu paling unik, karena memiliki beberapa logika medis dan obat-obatan yang sepenuhnya berbeda dengan kedokteran ilmiah modern. Wolfberry atau gojiberry adalah pilihan yang baik, karena wolfberry dapat menguatkan ginjal dan mengontrol gula darah, serta berkhasiat mencerahkan penglihatan. Selain itu, teh bunga krisan juga juga berkhasiat mencerahkan penglihatan.

Dalam catatan buku pengobatan kuno disebutkan : Mengonsumsi wolfberry atau goji berry, bunga krisan/seruni, Anda akan terhindar dari penyakit mata. Jika ingin mengonsumsi goji berry, bunga krisan yang praktis sederhana, Anda bisa merendamnya dengan air panas, kemudian diminum layaknya minuman teh, hal ini juga bisa membantu Anda mengurangi rasa takut terhadap penyakit terkait. (Jhn/Yant)

Bersambung

Share

Video Popular