Ada banyak cara yang berbeda membesarkan anak untuk bersyukur. Tidak ada cara yang paling efisien karena karakter anak yang berbeda dan setiap anak juga membutuhkan pendekatan yang khusus. Membantu si kecil menumbuhkan rasa bersyukur setiap hari adalah tanggunggungjawab orangtua. Pendidikan dalam keluarga adalah pembentukkan karakter anak itu sendiri, yang akan terbawa anak sampai dewasa nantinya.

Mendidik anak agar selalu bersyukur memang tidak muda, tapi dengan beberapa langkah-langkah berikut ini mungkin akan bisa membantu Anda.

1. Mengajarkan anak untuk merasakan dan mengungkapkan rasa terima kasih

Anda dapat mengajar kan anak Anda untuk merasakan dan mengungkapkan rasa syukur, ketika diperlukan. Meskipun Anda tidak dapat sepenuhnya membuat mereka memiliki perasaan ini dalam hatinya, namun, Anda dapat membuat mereka terbiasa, baik dalam kata – kata maupun perbuatannya sebagai wujud dari rasa bersyukurnya.

Dan Anda juga dapat melatih anak Anda untuk selalu mengucapkan terimakasih, ketika menerima sesuatu pemberian (hadiah), maupun sedikit bantuan dari orang lain padanya.

Perlu diingat : Bahwa rasa bersyukur ini tidak dapat tumbuh alami dalam waktu yang singkat dalam hati anak Anda, melainkan adalah proses panjang yang membutuhkan kesabaran, usaha yang gigih dan waktu juga.

2. Berikan contoh

Beritahu anak tentang orang-orang yang tidak memiliki orangtua atau cara lain untuk membuatnya menyadari betapa mereka `memang beruntung. Ini untu menunjukkan anak mengapa mereka harus bersyukur atas apa yang telah mereka miliki. Libatkan mereka dalam beberapa kegiatan amal untuk menunjukkan bahwa banyak orang berjuang untuk bertahan hidup.

3. Berhenti membeli segala sesuatu yang diinginkan

Ini mungkin tampak kejam, tapi itu benar-benar memiliki arti yang besar. Ketika seseorang selalu mendapat apa yang mereka inginkan, mereka secara bertahap akan memandang segala sesuatu dengan mudah. Ajarkan anak Anda untuk menyimpan uang dan menggunakan uang dengan bijaksana. Ini akan membantu mencegah anak Anda menjadi egois. Ini adalah salah satu cara termudah untuk membesarkan anak untuk bersyukur.

4. Menjadi panutan

Anak-anak lebih mungkin untuk melakukan apa yang kita lakukan daripada apa yang kita katakan. Itu sebabnya jika Anda ingin menciptakan perasaan bersyukur dalam pikiran anak – anak, Anda sendiri juga harus selalu bersyukur. Mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membantu atau memberikan sesuatu pada Anda. Menunjukkan rasa terima kasih Anda untuk semua yang Anda miliki dalam hidup, mudah-mudahan anak Anda juga akan melakukan hal yang sama.

5. Mengubah sikap yang tidak mau berterima kasih

Dengan mendidik anak untuk mau bersyukur dan mau berterimakasih, Anda juga dapat menghindarkan perilaku anak yang dapat melukai serta tidak menghargai perasaan orang lain yang telah berbuat baik padanya.

Anda juga perlu menjelaskan akan pentingnya perilaku yang baik dan sopan, jika anak Anda ingin diperlakukan secara baik juga oleh orang lain, sehingga ini dapat menjadi pelajaran serta pengalaman yang berharga hingga dewasa nantinya.

6. Tampilkan sisi terang dari kehidupan

Apakah Anda pernah berpikir tentang apa yang membuat orang tetap tidak mau untuk berterima kasih? Jawabannya sederhana, mereka `tidak mengakui segala hal yang berharga dalam hidup. Rasa Syukur mencakup semua hal yang bersifat positif, sehingga dapat melihat sisi terang dari kehidupan.

Jika Anda ingin mendidik anak untuk bersyukur, Anda Harus Ajarkan mereka untuk melihat hal-hal yang patut Kita syukuri dalam kehidupan . Mengembangkan cara berpikir yang positif dari anak Anda, sehingga mereka juga dapat merasakan kebahagiaan dari rasa bersyukur juga.

7. Diskusikan

Anak-anak suka diskusi. Cara termudah untuk menanamkan anak bersyukur adalah mendiskusikan manfaat dari bersyukur. Anda dapat mejelaskan bahwa secara pribadi mendapatkan banyak positif dari hidup dengan bersyukur dan Anda tidak perlu memiliki banyak hal agar lebih bahagia, cukup dengan apa yang sudah ada. Memang, kita mendapatkan pemahaman yang paling jelas dari segala sesuatu ketika kita mengalaminya, tapi tidak ada salahnya untuk membahas hal-hal penting dengan anak Anda.

8. Biarkan mereka berlatih

Anda dapat melatih rasa bersyukur dan terimakasih dari anak Anda, dengan memberikan sesuatu benda yang disukainya. Dengan demikian, Anda dapat melihat apakah anak Anda bersyukur dan mau mengucapkan terimakasih pada Anda.

Jika anak Anda tidak berkenan untuk mengucapkan terimakasihnya, maka Anda dapat menjelaskan arti pentingnya untuk berperilaku baik dan menghargai pemberian dari orang lain. Dengan demikian, pada kesempatan berikutnya, anak Anda akan mengerti, terlatih dan mau untuk berterimakasih serta bersyukur atas pemberian orang lain padanya.(Anai)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds