Banyak orang telah mendengar tentang orang Jepang yang hidup panjang umur dan memiliki tubuh langsing. Orang Jepang hidup sangat berkualitas dan jarang jatuh sakit, semua orang berpikir akan kesehatan dan kebahagiaan mereka dengan diet dan gaya hidup yang sehat.

Berikut, ada beberapa jenis makanan sehat yang di konsumsi orang Jepang sehingga mereka bisa hidup panjang umur dan bertubuh langsing.

Masak dengan api kecil

Orang Jepang menghindari api yang besar dan suhu yang tinggi dalam berbagai masakannnya. Ketika memasak, mereka menggunakan api yang kecil, yakni saat mengukus, memanggang dan menumis masakannya. Ini bermanfaat untuk mempertahankan nilai gizi dari makanan yang dimasak. Dan menggunakan minyak goreng yang sehat seperti minyak zaitun juga.

Penyajian makanan dengan porsi kecil

Anda dapat mengunjungi sebuah restoran di Jepang dan melihat bahwa makanan yang disajikan hanya dalam mangkuk kecil, namun dapat memberi rasa kenyang. Mereka lebih fokus pada penyajian makanan dan mereka akan megonsumsi makanan secara perlahan-lahan untuk menikmatinya. Hal ini yang membuat sistem pencernaan mereka tetap berada pada kondisi yang sehat dan prima.

Mengurangi makanan penutup

Ini bukan aturan yang tetap bagi orang Jepang, untuk memiliki hidangan manis setelah mengonsumsi makanan utama. Bagi orang Jepang, makanan penutup tidaklah begitu penting. Di Jepang, makanan penutup disajikan dalam porsi kecil tidak suka banyak seperti negara lainnya.

Pentingnya sarapan

Di Jepang, sarapan disajikan dalam berbagai masakan yang ditempatkan pada piring yang kecil.

Sup miso (sup dari fermentasi rebusan kedelai, beras dan garam) adalah sup wajib yang harus tersedia,saat sarapan pagi. Hal ini penting, karena sup miso kaya probiotik yang dapat meningkatkan imunitas dan menjaga usus tetap sehat

Tanpa diet

Wanita Jepang tidak peduli tentang diet makan, jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Mereka telah dibesarkan untuk menikmati berbagai jenis makanan. Mereka lebih menyukai berjalan kaki untuk berpergian, yang bertujuan untuk menjaga tubuh yang ramping serta menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas harian mereka.

Mengonsumsi beras dan bukan roti

Makanan orang Jepang termasuk beras yang dikukus dan tidak makan roti. Bagi mereka, roti adalah tepung halus yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan yang juga tanpa serat.

Sayur-sayuran

Orang Jepang gemar mengonsumsi sayuran, karena kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral. Mereka mengkonsumsi lebih banyak sayuran seperti brokoli, kubis, kecambah, kangkung, bok choy dan sebagainya. Sayuran ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Rumput laut

Mereka juga mengonsumsi banyak rumput laut yang kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya. Rumput laut merupakan komponen penting dari semua masakan di Jepang.

Mie yang sehat

Di Jepang, mie yang rendah lemak di buat dalam varietas dan bahan yang berbeda. Umumnya, terbuat dari kacang dan gandum hitam.

Kacang kedelai dan teh hijau

Orang Jepang banyak mengonsumsi kacang kedelai dan mengonsumsi hampir 50 gram kedelai setiap harinya, dalam berbagai hidangan tradisional. Selain itu, mereka juga gemar minum teh hijau setelah makan, untuk melindungi kesehatan hati dan membuat mereka tampak awet muda.(Anai)

Share

Video Popular