Manfaat pijat titik akupunktur adalah dapat segera memperbaiki Qi (energi vital) dan darah yang tersumbat di saluran meridian, berefek pencegahan penyakit. Beberapa masalah kecil dalam kehidupan sehari-hari, seperti sering sakit kepala, sakit gigi, hidung tersumbat, mata kering, nyeri pada bahu atau tiba-tiba terjangkit jantung koroner dan angina pectoris (angin duduk), infark miokard dan nyeri dada, hanya memijat 3 titik akupunktur itu, dapat dengan cepat meringankan ketidaknyamanan. Mereka selain merupakan pertolongan pertama juga sebagai Yanglao (pemeliharaan penyakit manula).

Titik akupunktur Hegu

Titik akupunktur Hegu (dibaca: he ku) dapat menyembuhkan atau meringankan penyakit di bagian wajah seperti sakit gigi, sakit kepala, migrain, mata kering dan tinnitus (kuping berdengung). Menekan titik akupunktur Hegu dapat meningkatkan hormon adrenokortikotropik dan kortikosteron, serta mencapai tujuan menghentikan nyeri.

Titik akupunktur Hegu adalah titik akupunktur berhentinya Qi awal organ dalam dari Meridian Usus Besar pada Yangming Tangan, dapat meredakan sakit lambung, kembung, sembelit, mual dan mabuk darat. Titik akupunktur Hegu juga adalah titik besar Qi dan darah, dapat merangsang penyadaran, mengatasi kambuhnya kram/ kejang disaat epilepsi.

Pencarian titik Hegu: Diantara tulang metacarpal (telapak tangan) ke-1 / ibu jari dan kedua / telunjuk, di dalam lekukan sebelum kedua tulang itu dirapatkan. Cara sederhana menemukannya, tempelkan ruas atas ibu jari pada lekukan tangan yang lain, bagian lekukan pada ujung ibu jari itulah letak titik Hegu.

Gunakan ujung jari tekanlah dengan posisi vertikal, sampai bagian tersebut seperti terasa bengkak baru betul. Karena antara anggota tubuh (tangan) berpadanan terbalik dengan bagian wajah maka apabila sakit gigi pada gigi/gusi di bagian kiri wajah, tekanlah titik akupunktur Hegu pada tangan kanan baru dapat menghentikan nyeri tersebut.

Titik akupunktur Yanglao

Titik akupunktur Yanglao dapat menyembuhkan mata kabur, dapat melancarkan dan mengurai penyumbatan meridian untuk penyembuhan tangan kesemutan, nyeri sendi kaki dan paha ketika berjalan, sakit punggung dan pinggang, nyeri leher dan bahu.

Pencarian titik Yanglao: Tekuk lengan bawah sementara telapak tangan menghadap ke dada, telusuri dengan telunjuk alur antara tulang jari manis dan jari kelingking menuju arah pergelangan tangan, berhenti pada tulang pergelangan tangan yang paling menonjol, di lekukan bagian dalamnya itulah (terletak pada lekukan antara tulang hasta dan tulang pengumpil pada pergelangan tangan) terdapat titik Yanglao. Letak titik akupunktur Yanglao agak dalam, tidak mudah ditemukan, harus mengambil posisi tetap.

Titik akupunktur Yuji

Titik akupunktur Yuyi (dibaca: yü ci) terletak di telapak tangan, pada tonjolan otot ibu jari, titik akupunktur Yuyi adalah titik pertolongan pertama yang amat penting, menekan kuat dengan ujung ibu jari untuk merangsang titik tersebut, dapat meredakan angin duduk, nyeri infark miokard dan nyeri dada.

Titik Yuyi adalah titik akupunktur pada meridian paru-paru, berguna untuk menurunkan panas dan melonggarkan paru-paru serta berefek melembabkan kulit. Titik akupunktur Yuyi berpadanan dengan jantung, kerok bagian titik akupunktur Yuyi itu untuk menyembuhkan flu, batuk dan hidung tersumbat, juga bisa dengan cara, kedua otot pangkal jempol dimana Yuju terletak, saling digosok-gosok. Mencubit dan menggosok titik Yuyi dapat meredakan stres (tekanan pada jantung), mencegah flu, mencegah sembelit dan menyembuhkan acura aphonia (suara hilang setelah bernyanyi dengan nada tinggi. Atau terlalu banyak bicara sehingga suara hilang.

Tarik garis senter imajiner pada tulang telapak tangan pertama (ibu jari) di telapak tangan, titik yang terletak di tonjolan otot paling tinggi di bawa ibu jari itulah yang dinamakan titik akupunktur Yuji. (Hui/Yant)

Share

Video Popular