Bersepeda adalah salah satu cara termudah dan termurah untuk menjaga tubuh yang sehat. Bersepeda secara teratur akan memberikan tubuh yang sehat dan pikiran yang bebas dari stres. Dengan bersepeda, Anda dapat mengurangi risiko masalah kesehatan tertentu, seperti serangan jantung, stroke, diabetes, obesitas dan bahkan beberapa jenis penyakit kanker. Dan beberapa penelitian menunjukkan, bahwa bersepeda dapat memperpanjang usia.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari bersepeda.

Kesehatan Jantung

Bersepeda baik untuk kesehatan jantung Anda. Kebugaran kardiovaskular Anda dapat mudah dirawat dengan bersepeda. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik di luar ruangan ini,dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda, sekitar 3 sampai 7%.

Baik untuk otot Anda

Salah satu manfaat sehari-hari bersepeda adalah dapat meningkatkan kesehatan otot Anda. Ini memberikan kekuatan yang lebih untuk kaki, pinggul, paha, ujung tulang belakang dan lutut Anda. Juga merupakan cara latihan terbaik bagi penderita arthritis di tungkai bawah kaki. Bersepeda secara teratur adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan otot tubuh Anda.

Mengendalikan berat badan

Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan yang paling berbahaya, namun dapat mudah ditangani, jika Anda mau bersepeda secara teratur. Bersepeda dapat membantu membakar sejumlah kalori yang tidak diinginkan dari tubuh Anda. Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa bersepeda selama satu jam dapat membakar 300 kalori dalam tubuh.

Memperpanjang usia

Dengan bersepeda secara teratur, juga dapat memperpanjang usia . Hal ini karena, semua organ tubuh Anda menjadi sehat, sehingga dapat mengurangi risiko terserang berbagai penyakit. Keseimbangan hormon yang tepat, dapat menjaga kestabilan fungsi dari semua organ tubuh Anda.

Meningkatkan koordinasi

Bersepeda adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan koordinasi dari semua organ tubuh Anda. Ini adalah aktivitas fisik yang melibatkan semua bagian tubuh. Dari kaki sampai mata Anda juga perlu koordinasi. Hal ini juga dapat meningkatkan fungsi otak, seperti perencanaan, memori dan sinkronisasi.

Kebugaran mental

Seiring mendapat manfaat untuk kebugaran fisik, bersepeda juga memberikan manfaat bagi kebugaran mental Anda. Ini dapat mengurangi stres dan depresi. Bersepeda dapat membantu pelepasan hormon serotonin dan dopamin, mengeluarkan bahan kimia lain dari tubuh, bahkan melepaskan endorfin yang bermanfaat untuk mengangkat serta memprbaiiki suasana hati Anda.

Meningkatkan daya kekebalan tubuh

Bersepeda setiap hari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang kuat, Anda akan dapat mencegah datangnya berbagai penyakit. Bersepeda juga dapat meningkatkan produksi sel-sel bagi kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan sirkulasi sel menuju seluruh tubuh serta meningkatkan aktivitas jantung Anda juga. (Anai)

Share

Video Popular