Pakaian umumnya berfungsi untuk menutupi serta melindungi tubuh dari cuaca dingin maupun panas. Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi pakaian juga bertambah yakni untuk mempercantik diri, khususnya bagi kaum perempuan yang disertai dengan pemakaian berbagai aksesoris yang menarik.

Dengan tujuan ingin mempercantik diri, tanpa disadari bisa menimbulkan banyak kerugian bagi kesehatan tubuh Anda.

Namun, ternyata dengan cara berpakaian yang mengikuti mode, juga dapat membawa bahaya bagi kesehatan:

1. Anting yang berat

Berbagai bentuk, warna dan ukuran anting-anting tentu akan menambah kecantikan bagi kaum hawa bila memakainya.

Namun, dengan pemakaian anting–anting yang berukuran besar juga berat dapat menyebabkan kerusakkan pada lobus / lubang daun telinga Anda. Selain menimbulkan kerusakan juga dapat membuat kulit pada daun telinga menjadi kendur dan membesar. Bahkan yang paling berbahaya lagi adalah lobus telinga Anda dapat terbelah dua, sehingga untuk mengembalikan pada kondisi normal diperlukan operasi bedah plastik dengan biaya yang mahal.

2. Sandal jepit

Walaupun memakai sandal jepit terasa santai dan menyenangkan, namun ternyata memakai sandal jepit juga dapat merugikan kesehatan.

Hal ini terjadi dikarenakan sandal jepit dapat menyebabkan jari – jari kaki tidak dapat meredam banyak guncangan pada permukaan yang keras seperti beton dan aspal.

Ia juga dapat menyebabkan kaki Anda menjadi besar, lecet, terkilirnya pergelangan kaki serta sakit pada tulang kering dan lutut.

Anda disarankan untuk mengurangi pemakaian sandal jepit dalam waktu yang lama. Anda dapat menggantinya dengan sepatu.

3. Memakai perhiasan imitasi

Orang yang alergi terhadap bahan logam murah tertentu, tahu bahwa perhiasan imitasi dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh organisasi nirlaba menemukan bahwa hampir setengah bagian dari sebuah perhiasan imitasi mengandung racun dan karsinogen yang tinggi, dan setengahnya lagi mengandung campuran timah yang melebihi batas penggunaan dari yang direkomendasikan aman.

Karsinogen lainnya seperti kadmium dan bromin, juga ditemukan dalam beberapa produk lainnya.

4. Baju ketat

Pemakaian baju dan kaus kaki ketat dapat menyebabkan sejumlah masalah pada kesehatan. Di antaranya menimbulkan kerusakan saraf, bekas kulit /luka lecet yang menyakitkan, infeksi jamur, masalah pencernaan, infeksi kandung kemih, dan masalah pernafasan.

Kesehatan Anda jauh lebih berharga daripada usaha Anda untuk memperoleh sebuah pinggang yang ramping. Anda disarankan sebaiknya selalu membeli baju ketat yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

5. Sepatu bertumit tinggi

Memakai sepatu bertumit tinggi tentu akan menambah penampilan serta rasa percaya diri Anda. Namun, nyamankah kaki Anda, bila sepatu ini dipakai dalam waktu yang lama ?

Sepatu bertumit tinggi, berujung lancip juga sepatu yang terlalu ketat tidak akan dapat memberi kenyamanan bagi kaki Anda, sebaliknya dapat membuat seluruh tubuh Anda dan berat badan Anda menjadi tidak seimbang, jari – jari kaki Anda akan berada pada posisi yang tidak wajar dan seluruh tubuh Anda pun dapat bergeser kedepan.

Sepatu bertumit tinggi tidak hanya menyakiti kaki dan lutut juga menyakiti punggung, dan pinggul. Jika digunakan dalam waktu lama dapat memperpendek otot betis dalam, punggung, serta menyebabkan kejang otot.

Anda disarankan sebaiknya memilih sepatu dengan ukuran kaki yang tepat, sehingga dapat memberikan ruang bernafas yang banyak bagi kaki Anda. Cobalah untuk tidak memakai sepatu bertumit tinggi setiap hari, melainkan hanya memakainya pada saat acara tertentu saja.

6. Pakaian dan aksesori murah

Pakaian yang murah yang umumnya di jual di sejumlah mal kemungkinan mengandung sejumlah bahan kimia berbahaya.

Sebuah investigasi yang dilakukan oleh lembaga Greenpeace (PDF) terhadap 141 potong pakaian yang berasal dari 20 pengecer internasional, menemukan hampir 2/3 dari pakaian tersebut mengandung etoksilat nonilfenol (NPEs), yakni bahan kimia yang diduga dapat mengganggu hormon pada hewan dan manusia.

Beberapa pakaian lainnya juga mengandung bahan kimia yang dikaitkan dengan penyakit kanker. Meskipun kadar bahan kimia ini dianggap tidak langsung berbahaya bagi manusia, namun beracun bagi kesehatan lingkungan.

Hal ini berlaku juga pada barang- barang aksesoris dalam lemari Anda. Sebuah investigasi yang dilakukan oleh Pusat Kesehatan Lingkungan, AS menemukan bahwa 15% dari tas dan dompet yang diuji ternyata mengandung timbal tingkat tinggi.

7. Kerah baju dan dasi

Lebih dari 70% total pria membeli kemeja dengan ukuran kerah baju yang terlalu kecil. Minimnya ruang pada leher dapat menimbulkan pengaruh yang serius bagi kesehatan mereka.

Kerah baju yang terlalu kecil dan pemakaian dasi yang ketat dapat menjadi salah satu penyebab penyakit kanker, karena dapat memotong sirkulasi darah pada otak dan meningkatkan tekanan di mata, sehingga dapat juga menjadi salah satu faktor terkena risiko penyakit glaucoma / penyebab kebutaan kedua terbesar di dunia. (Anai/Yant)

Share

Video Popular