Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) adalah penyakit paru-paru progresif yang membuat sulit bernapas. Hal ini dapat menjadi fatal jika tidak ditangani dengan baik. Merokok dan paparan polusi udara dianggap sebagai penyebab utama PPOK. Kadang-kadang gejala PPOK tidak muncul sampai terjadinya kerusakan parah pada paru-paru. Menurut dokter, ada banyak gejala COPD bahwa Anda tidak harus mengabaikan.

Berikut beberapa gejala PPOK yang harus Anda kenali.

Batuk tanpa henti

Salah satu gejala utana dari PPOK adlah batuk tanpa henti yang menghasilkan lendir berlebihan. Jika batuk ini berlangunsg dalam jangka waktu lama, seperti lebih dari seminggu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Jenis batuk ini juga dikenal sebagai batuk perokok.

Pernapasan bermasalah

Tanda peringatan penting lainnya PPOK susah untuk napas atau sesak napas. Anda mungkin bermasalah dalam bernapas saat Anda melakukan kegiatan sehari-hari seperti berolahraga, naik tangga dan bahkan saat Anda berdandan. Gejala seperti tidak boleh diabaikan. Anda harus berkonsultasi dengan dokter meskipun itu jarang terjadi.

Produksi lender berlebihan

Menurut ilmu kedokteran, orang sehat menghasilkan lendir. Tetapi jika tubuh Anda memproduksi banyak lendir lebih dari normal, maka Anda harus berhati-hati. Ini mungkin merupakan gejala PPOK. Anda juga harus memeriksa apakah ada perubahan warna atau tekstur lendir. Jika ternyata menjadi kuning, hijau atau berdarah, ini menunjukkan infeksi paru-paru.

Sering mengi

Tanda peringatan lain dari PPOK adalah mengi. Seperti ada suara siulan ketika Anda bernapas. Jika Anda mengalami kesulitan bernapas dan mengi, dapatkan penanganan medis untuk membedakannya dari PPOK dan reaksi alergi. Jika gejala PPOK Anda jangan mengabaikan.

Tubuh terasa lelah

Jika Anda merasa lelah tanpa alasan tertentu, lakukan konsultasi ke dokter. Jika hal ini terjadi ketika Anda memiliki masalah pernapasan, ini mungkin gejala PPOK. Anda mungkin tidak dapat melakukan aktivitas rutin dan mungkin mengalami kekurangan energi.

Kehilangan berat badan

Kehilangan berat badan tanpa ada alasan utama dianggap berbahaya dalam ilmu kedokteran. Ini juga merupakan gejala PPOK. Pada beberapa pasien PPOK, akan ada kehilangan nafsu makan dan asupan makanan mereka akan menjadi berkurang. Jadi, penurunan berat badan tanpa alasan harus mendapatkan perawatan ekstra.

Perubahan warna kulit

Jangan terlambat untuk berkonsultasi dengan dokter jika warna kulit Anda berubah biru, terutama jari dan kuku. Hal ini sebenarnya bukan merupakan gejala awal dari PPOK, tapi satu akhir yang dapat terjadi pada tahap lanjut penyakit.

Mengetahui gejala PPOK akan membantu Anda untuk membuat diagnosis dini dan mendapatkan perawatan dari awal.(Yant)

Share

Video Popular