Pemeliharaan kesehatan tradisional mengatakan: “30% menyelaraskan, 70% memelihara.” Dengan obat-obatan dan produk kesehatan untuk detoksifikasi tubuh, walaupun dapat memainkan peran tertentu, tetapi fokus dari detoks pemeliharaan kesehatan mengandalkan tidur dan pola makan yang baik, dimana tidur sangat penting. Selain itu tidur juga sangat membantu menurunkan berat badan. Kembangkanlah beberapa kebiasaan yang baik sebelum tidur, maka akan membuat Anda sepanjang malam dapat tidur dengan nyenyak, serta dapat melakukan detoksifikasi dan pelangsingan.

1. Merendam kaki sebelum tidur

Kaki adalah bagian tubuh yang paling jauh dari jantung. Karena stimulasi dingin pada musim dingin, pembuluh darah kaki akan menyusut, sehingga peredaran darah menjadi terhambat, dengan mudah dapat menginduksi berbagai penyakit.

Merendam kaki dengan air hangat merupakan salah satu terapi kaki PTT (Pengobatan Tradisional Tiognkok), juga sejenis pengobatan eksternal umum. Sejarah merendam kaki sudah berlangsung ribuan tahun, yang paling awal didokumentasikan adalah pada Dinasti Jin “Zhouhou Bei Jifang”. Merendam kaki dengan air panas dapat menghapus sedimen sampah dan penyakit dalam darah manusia serta berperan membersihkan tubuh. Ketika merendam kaki, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Jangka waktu terbaik untuk merendam kaki sekitar 15 – 20 menit;
  2. Suhu air terbaik di bawah 50 derajat Celcius, panas tetapi tidak membuat melepuh;
  3. Dalam waktu setengah jam setelah makan sebaiknya tidak merendam kaki, sebab akan memengaruhi suplai darah dari lambung;
  4. Setelah merendam kaki jangan segera pergi tidur. Dalam keadaan kaki masih panas, Anda dapat memijat-mijat telapak kaki. Berefek paling baik apabila pada saat suhu tubuh perlahan-lahan menurun, baru pergi tidur;
  5. Ketinggian rendaman air sebaiknya sampai betis.

2. Peregangan pinggang

Peregangan pinggang bisa membugarkan dan menghilangkan lelah. Ia merupakan semacam cara peregangan bagian pinggang, pengaktifan otot dan tulang, serta pengenduran tulang belakang. Dan, memungkinkan menekan organ rongga dada dan paru-paru, bermanfaat untuk pergerakan jantung sepenuhnya, sehingga lebih banyak oksigen dapat disuplai ke berbagai jaringan dan organ. Pada saat yang sama memungkinkan sirkulasi bagian dalam ketika Anda tidur tidak terpengaruh, sehingga racun di dalam tubuh setelah dikerjakan oleh organ terkait dapat dikeluarkan dari tubuh, yang berguna untuk kebugaran dan penurunan berat badan.

3. Sebelum tidur minum air sedikit saja

Setelah pukul 21.00, organ tubuh manusia memasuki kondisi tidur, pada saat itu meminum terlalu banyak air, dapat membuat organ memulai kerja kembali, mudah mengacaukan jam biologis tubuh, terutama akan menjadi beban berat bagi ginjal, meningkatkan fenomena pembengkakan dan lainnya. Itu sebabnya sebelum tidur minum air sedikit saja, untuk memastikan bahwa organ-organ internal dapat beristirahat, dan setelah terbangun tidak muncul fenomena pembengkakan.

4. Mengetuk kandung empedu

Mengetuk kandung empedu, merangsang sekresi empedu, sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuh memperoleh penyerapan terbaik, menyiapkan bahan yang cukup untuk produksi darah manusia.

Selain itu, memijat dan mengetuk kandung empedu, bisa melancarkan jalur meridian, detoksifikasi darah dan sirkulasi darah lebih cepat, sehingga tubuh memiliki energi yang cukup untuk detoksifikasi.

Ketika mengetuk kandung empedu, tubuh duduk datar (duduk di atas ranjang atau kursi), satu kaki bertumpu di atas kaki lainnya, dengan dengan kepalan tangan sendiri mulai mengetuk dari pinggul. Sepanjang luar paha mengetuk sampai lutut, kaki yang lain menggunakan metode yang sama. Setiap kali mengetuk harus dengan ritme sekali dan sekali dan seterusnya, jangan terlalu cepat, tidak perlu sangat keras, tangan terangkat dan diturunkan mengetuk dengan cara demikian, mungkin sekitar 100 kali sudah cukup. Setiap kaki diketuk sekitar dua menit per hari. Pada pukul 23.00-01.00 adalah saat ketika darah masuk ke dalam kandung empedu, itu sebabnya setelah pukul 23.00 tidak menguntungkan untuk mengetuk kandung empedu.

5. Mendorong perut

Metode mendorong perut termasuk kategori pijat PTT, ialah metode sederhana mendorong perut, dengan titik akupunktur sebagai titik, dengan meridian dari atas ke bawah untuk mendorong perut, dapat melancarkan sirkulasi darah, membersihkan sampah dalam meridian, sehingga lever terasa nyaman dan Qi pun lancar dan menambah nafsu makan, menyehatkan ginjal dan limpa, berefek merileks tubuh dan jiwa.

Mendorong perut sebelum tidur juga dapat mengurangi lemak perut dan tubuh bagian bawah. Ketika mendorong perut, yang terbaik adalah berbaring di tempat tidur, pertama dengan kedua tinju tergenggam, mulai menekan ke bawah meridian Ren di bagian tengah antara ulu hati dan perut, kemudian menelusuri daerah meridian lambung, limpa, empedu, dan lain-lain sesuai urutannya. Dalam proses mendorong ini harus dilakukan dengan kekuatan sedang, didorong dengan putaran bolak-balik 10-20 kali.

6. Pijat kelenjar getah bening

Sekitar sepertiga dari kotoran tubuh manusia dibuang melalui kulit, pijat kelenjar getah bening adalah salah satu metode yang sangat efektif untuk detoksifi kasi. Pijat kelenjar getah bening dilakukan sebelum tidur, dapat memandu keluar racun dan kelebihan air di dalam tubuh, tidak hanya untuk kecantikan, tetapi juga dapat mempercepat dekomposisi lemak.

Tubuh menusia memiliki lebih dari 800 titik kelenjar getah bening, yang paling utama adalah pijat 5 titik: kelenjar getah bening pada akar leher, di atas tulang selangka, ketiak/ aksila bawah lengan, selangkangan paha, dan poplitea di belakang lutut. Pijat dengan empat jari saling merapat, ditekan dengan telapak jari, ulangi 5-7 kali, kecepatan menghitung sekitar 3 kali lalu menekan 1 kali. Jari tidak boleh terlepas dari kulit, harus memiliki kelenturan. Intensitas dorong harus ringan, jangan sampai terasa sakit.

7. Menyisir rambut 100 kali

Banyak manfaat menyisir rambut sebelum tidur: kecantikan, pelangsingan, tidur nyenyak, dan sebagainya. Banyak titik meridian penting terletak di bagian kepala, selain itu dapat melancarkan sirkulasi di seluruh tubuh, menghilangkan penumpukan lemak, mendetoksifikasi, memelihara raut wajah, penurunan berat badan dengan santai. (Hui/Yant)

Share

Video Popular