Di era modern sekarang ini, kita setiap hari selalu dihadapkan pada kegiatan yang sibuk nan padat. Menjadi penyebab kita cenderung lupa untuk memperhatikan kesehatan tubuh, hingga tibanya penyakit datang menyerang dan mengganggu kesehatan tubuh kita. Namun, Tubuh kita dapat memberikan tanda akan kondisi kesehatannya, dan Anda harus memerhatikan ketika tanda-tanda ini mulai muncul, supaya Anda bisa segera menanganinya.

1. Bibir pecah-pecah

Umumnya, Anda akan memiliki bibir yang pecah-pecah karena faktor eksternal, seperti paparan dari sinar Matahari, kondisi udara yang panas dan kering, atau paparan dari angin.

Sebelum Anda memakai pelembab bibir, cobalah perhatikan asupan air putih Anda setiap harinya. Jika Anda sering mengalami bibir pecah – pecah, ini pertanda tubuh Anda mengalami dehidrasi dan membutuhkan cairan serta menambah asupan air mineral yang banyak setiap harinya.

2. Rentan wajah berjerawat

Lebih dari 70% dari orang dewasa, yang berusia anatara 20tahun dan 50 tahun akan mengalami wajah kulit yang berjerawat. Namun, timbulnya jerawat ini memberitahu Anda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang berjuang. Ini bisa berarti banyak hal yang berbeda. Jadi jika Anda secara teratur mengalaminya, segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

3. Warna urin

Warna urin dapat memberitahu Anda banyak informasi seputar kesehatan tubuh Anda. Ini memberi tanda yang jelas tentang hidrasi tubuh Anda dan bagaimana cara kerja dari organ penting dalam tubuh Anda.

Jika urin berwarna kuning pekat, menandakan tubuh Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dan air, akibat Anda kurang mengonsumsi air mineral setiap harinya. Klinik Cleveland pada tahun 2013, merilis infografik yang akurat dari kesehatan tubuh seseorang, hanya melalui warna dari air kencingnya saja.

Anda disarankan sebaiknya terbiasa untuk memperhatikan warna urin Anda, untuk mengetahui kondisi kesehatan dari tubuh Anda.

4. Mengalami flu disetiap musim

Umumnya, penyakit flu atau pilek datang sebagai penyakit musiman saja. Namun, jika Anda mudah terkena penyakit flu, dapat pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang bermasalah .

Anda dapat membangun sistem pertahanan tubuh dan mengantisipasi datangnya flu, dengan banyak mengonsumsi buah – buahan yang kaya akan vitamin C.

5. Lelah secara teratur

Tidak cukup tidur dapat menjadi penyebab dari kelelahan. Jika Anda memiliki istirahat yang cukup di malam hari, namun Anda masih merasa lelah, maka coba perhatikan pola makan harian Anda.

Banyak mengonsumsi minuman beralkohol atau makanan dari pabrik/ makanan olahan dapat juga mengganggu kelancaran sistem metabolisme dan sistem pencernaan dalam tubuh Anda.

Mengalami kelelahan yang kronis juga dapat menandakan bahwa kelenjar tiroid dalam tubuh Anda sedang tidak berfungsi dengan baik.

6. Seberapa sering Anda buang air besar

Seberapa sering Anda bisa buang air besar setiap harinya, ini adalah penting, karena jika Anda tidak bisa BAB secara teratur, maka tubuh Anda cenderung dapat menyerap lebih banyak racun akibat menumpuknya kotoran dalam tubuh Anda.

Menurut para ahli kesehatan, bahwa metabolisme dan sistem pencernaan yang baik bagi kesehatan tubuh adalah dengan buang air besar secara teratur, setidaknya sekali dalam sehari. Hal ini adalah penting, sehingga dapat menghilangkan racun yang tidak diinginkan dari tubuh Anda.

Anda disarankan sebaiknya lebih menaruh perhatian pada jenis makanan dan minuman yangsulit dicerna oleh tubuh,dan Anda dapat menghindarinya.(Anai/Yant)

Share

Video Popular