Anda mungkin tahu bahwa tubuh membutuhkan berbagai nutrisi penting agar dapat berfungsi dengan baik. Anda mungkin tidak tahu jenis nutrisi tubuh apa yang mendasar pada kebutuhan harian. Meskipun setiap makanan setidaknya mengandung 3 nutrisi, mengonsumsi banyak buah dan sayuran setiap hari untuk mendapatkan nutrisi adalah lebih penting. Mengapa nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan kita? Pertama-tama, karena kekurangan nutrisi menyebabkan sejumlah besar penyakit serius, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Mengutip womanitely.com berikut adalah jenis nutrisi yang paling penting dan mengapa Anda perlu mendapatkannya secara teratur.

Vitamin

Vitamin penting untuk kesehatan kita, tetapi apakah Anda yakin Anda mendapatkan cukup vitamin? Kekurangan vitamin dapat merusak kesehatan Anda dalam hitungan bulan, sehingga Anda harus makan lebih banyak buah dan sayuran setidaknya sekali dalam sehari.

Kekurangan vitamin B12, misalnya, dapat menyebabkan kerusakan saraf atau otak permanen. Kekurangan vitamin A bisa merusak kesehatan mata Anda dan kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah serta terjadi kerusakan pada gusi. Selain itu, Vitamin juga penting untuk pertumbuhan kulit yang sehat, rambut, kuku dan membran mukosa.

Karbohidrat

Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan atau hanya ingin tetap fit dan sehat, Anda mungkin percaya bahwa karbohidrat adalah musuh terburuk Anda, tapi itu tidak benar adanya. Banyak peserta diet menghadapi sejumlah masalah kesehatan karena kekurangan karbohidrat akibat “ keyakinan itu. “ Anda dapat memperoleh sumber karbohidrat terbanyak dari makanan yang mengandung sukrosa, fruktosa, glukosa, biji-bijian lainnya.

Mineral

Fosfor, kalium, zat besi, kalsium, yodium, fluorin, magnesium dan natrium adalah salah satu sumber mineral penting dan harus dikonsumsi lebih banyak setiap hari untuk meraih tubuh yang sehat.

Fosfor sangat penting untuk sistem saraf, tulang, dan gigi, kalium sangat penting untuk fungsi yang tepat dari semua jaringan, sel, dan organ-organ dalam tubuh Anda, besi berfungsi untuk menjaga kesehatan otak Anda serta menjaga sel-sel tubuh Anda menjadi kuat dan sehat, meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk memerangi berbagai penyakit, kalsium menjaga gigi dan tulang yang sehat, magnesium meningkatkan tingkat energi Anda kesehatan jantung Anda dan, dan natrium yang dibutuhkan untuk mengatur cairan dalam tubuh Anda.

Perhatikan asupan mineral Anda untuk hidup sehat dan produktif sepanjang hari serta mendapatkan tidur yang lebih baik di malam hari.

Lemak

Umumnya, menghindari lemak adalah kesalahan lain dari para peserta diet yang ketat. Dan tidak semua lemak bersifat jahat, ada juga lemak yang sehat, seperti lemak omega-3yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Hal ini karena tubuh Anda membutuhkan lemak sehat untuk mengangkut, menyimpan dan menyerap vitamin A, E, D, dan K. Anda dapat menggunakan lemak tak jenuh dalam masakan seperti minyak zaitun, minyak jagung atau minyak rami dan sebagainya. Pastika Anda untuk menghindari makanan dengan lemak yang jenuh, karena dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, stroke dan kanker.

Protein

Telur, daging, keju, ikan, tahu, kacang, kacang-kacangan, yoghurt, biji-bijian, dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Protein dapat membantu perbaikan dari sel-sel saraf Anda, membantu proses penyembuhan dan penurunan berat badan, menjaga tingkat energi tinggi dari tubuh dan membuat kuku dan rambut Anda menjadi lebih kuat dan sehat. Dengan mengonsumsi 2 porsi makanan yang kaya akan protein dalam sehari, cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Serat

Serat dari makanan dapat membantu mengurangi kolesterol, mencegah diabetes, sembelit, dan meningkatkan kelenturan dari pergerakan usus dalam tubuh Anda. Umumnya, kaum wanita diharuskan mengonsumsi makanan berserat sedikitnya 25gr sehari, sedangkan kaum pria harus mengonsumsi makananan beserat setidaknya 38gr dalam menu harian mereka.

Sumber makanan yang berserat terbaik adalah beras merah, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, popcorn, buah, oatmeal, sayuran, buah-buahan dan biji chia.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan atau sering menderita kelelahan dan insomnia, segera berkonsultasi dengan dokter Anda.(Anai/Yant)

Share

Video Popular