Madu telah dikenal sebagai pemanis alami jauh sebelum gula tersedia secara meluas di abad ke-16. Produksi madu berkembang di peradaban Yunani kuno dan Sisilia. Selain manusia, hewan pun juga menyukai madu, misalnya beruang madu, mereka sama-sama mempertaruhkan diri dari sengatan lebah demi cairan emas yang manis ini

Madu untuk pengobatan rumah

Madu merupakan zat pelembab (humectant), ia dapat menarik dan mempertahankan kelembaban, sehingga sangat sesuai sebagai bahan campuran ideal krim pelembab, shampo, dan kondisioner. Seiring dengan sifat antimikrobanya, madu menjadi tambahan yang bagus untuk produk perawatan pribadi buatan sendiri.

Beberapa resep yang dapat dicoba untuk membuatnya sendiri:

1. Kondisioner rambut: Campurkan ½ cangkir madu dengan ¼ cangkir minyak zaitun. Ambil sedikit lalu olesi pada rambut Anda. Tutup rambut dengan showercap dan diamkan selama 30 menit. Cuci rambut seperti biasa dengan shampo dan bilas.
2. Pelembab kulit: Campurkan 5 sendok makan madu, 2 sendok makan minyak mawar, dan 2 cangkir minyak almond dalam botol yang berukuran sedang. Cara pemakaian, oleskan pada kulit yang basah.
3. Scrub madu almond: Campurkan 3 sendok teh madu, 1 sendok teh minyak zaitun, dan 6 ½ sendok makan almond lalu tumbuk halus. Gosok dan usaplah dengan lembut ke wajah dan bilas dengan air hangat.

Resep madu lemon sebagai sirup obat batuk sederhana yang berguna dalam kondisi darurat:

Jeruk lemon membantu menyehatkan tubuh dengan mengalkalinasi tubuh secara cepat, sedangkan madu akan membunuh banyak bakteri ketika masuk ke kerongkongan. Alhasil, perpaduan ini adalah pilihan yang tepat untuk menyembuhkan batuk.

  • Tuangkan ½ liter madu mentah ke dalam panci, hangatkan dengan api sangat kecil (jangan sampai mendidih madunya, karena akan mengubah khasiat madu)
  • Ambil satu butir jeruk lemon dan rebus dalam air di panci yang terpisah selama 2-3 menit untuk melembutkan kulit lemon dan membunuh bakteri yang mungkin ada di kulit jeruk
  • Biarkan lemon cukup dingin untuk dipegang lalu iris-iris, masukkan ke dalam panci berisi madu yang sedang dihangatkan
  • Kemudian aduk-aduk sekitar satu jam
  • Saring lemon dari cairan madu, pastikan seluruh biji lemon telah diangkat
  • Biarkan madu hingga mendingin kemudian masukkan dalam botol yang tertutup rapat, dan simpan dalam kulkas

Obat ini dapat disimpan hingga 2 bulan dalam kulkas. Jika batuk, minum 0,5 – 1 sendok teh untuk anak kecil dan 1 sendok makan untuk orang dewasa.

Madu harus dikonsumsi tak berlebihan

Madu memiliki banyak atribut yang menyehatkan, tetapi juga fruktosa tinggi, rata-rata sekitar 53 persen. Setiap satu sendok teh madu memiliki hampir empat gram fruktosa, yang berarti dapat memperburuk resistensi insulin yang sudah ada dan mendatangkan malapetaka pada tubuh Anda jika dikonsumsi berlebihan. Jadi, ketika mengonsumsi madu, perhatikan total gram fruktosa (termasuk buah) yang Anda konsumsi setiap hari, dan harus di bawah 25 gram total fruktosa per hari.

Perlu diingat, meskipun seandainya Anda memiliki resistensi insulin (yaitu jika mengonsumsi obat tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, atau jika Anda kelebihan berat badan) maka akan lebih baik menghindari semua pemanis, termasuk madu, karena setiap pemanis dapat menurunkan sensitivitas insulin dan memperburuk resistensi insulin. Jika Anda sehat, mengonsumsi madu mentah secara bijak dapat memberikan banyak manfaat yang tercantum di atas. (Ajg)

Share

Video Popular