Erabaru.net. Sarapan merupakan sumber vitalitas sepanjang hari, setelah tidur semalaman, tubuh kita menghabiskan sejumlah besar air dan nutrisi, sehingga perlu diisi lagi dengan sarapan untuk memenuhi energi kita.

Namun, tidak sarapan atau kebiasaan makan yang tidak sesuai, akan menyebabkan dampak buruk yang tak terduga bagi tubuh.

Empat jenis sarapan berikut ini akan membuat Anda lesu dan tidak semangat sepanjang hari, ditimbuni oleh lemak dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

Sereal manis

Rasa lapar setelah tidur semalaman, makanan seperti mantou (sejenis bakpau polos di Taiwan dan Tiongkok), oatmeal, roti, atau bubur dan makanan pokok lainnya saat sarapan merupakan makanan yang sangat diperlukan.

Makanan yang kaya akan starch (pati) dapat diubah menjadi glukosa dalam tubuh, dan menjadi sumber energi yang utama.

Namun, produk sereal yang umum kita temui, biasanya akan menambahkan sejumlah besar gula dan lemak dalam proses pembuatannya, yang tanpa kita sadari telah menyerap energi yang berlebihan sehingga memicu kegemukan, selain itu juga menghabiskan energi, dan mudah merasa lapar, karena itu sebaiknya pilihlah makanan rendah gula sebagai sarapan Anda.

Ahli gizi merekomendasikan, sebaiknya memilih makanan atau sereal tinggi serat sebagai makanan utama, seperti beras merah kukus, roti gandum, oatmeal sereal, mantou kukus dan sereal lainnya, tidak hanya lengkap secara nutrisi, tapi juga dapat membantu sistem pencernaan mengeluarkan racun, mudah membuat rasa kenyang, dan sangat membantu dalam mengontrol berat badan.

Makanan yang digoreng

Sarapan tidak baik mengonsumsi makanan gorengan yang terlalu banyak minyaknya, seperti misalnya : cakwe, kentang goreng, bakon dan makanan dengan minyak berlebihan lainnya, meskipun makanan-makanan ini lebih mudah membuat kenyang, namun, karena mengandung lemak tinggi, kolesterol tinggi, dan waktu pencernaan juga relatif lama, sehingga dalam waktu panjang darah terakumulasi dalam sistem pencernaan, yang akan menyebabkan aliran darah otak berkurang, akibatnya rentan membuat kita tidak bisa konsentrasi sepenuhnya.

Menurut hasil penelitian, bahwa begitu mulai beraktivitas, pembakaran kalori tubuh akan berkurang, jika setiap hari sarapan selalu mengomsumsi makanan yang digoreng, maka secara perlahan-lahan akan memicu kegemukan, dan rawan menyebabkan gejala gangguan pada pencernaan, sekaligus dapat meningkatkan kemungkinan terserang kanker.

Jadi, jika sarapa Anda berupa makanan gorengan tinggi kalori, sementara kandungan vitamin dan mineralnya rendah, maka pastikan untuk memadukannya dengan sayuran atau buah-buahan, namun, untuk menu makan siang dan malamnya pada hari itu sebaiknya konsumsi makanan encer (makanan yang tak berlemak).

Muffin, pancake ala Barat (Amerika, Inggris)

Banyak yang suka makan makanan manis saat sarapan, namun, sarapan dengan kadar gula yang terlalu tinggi, tidak baik bagi kesehatan, dapat menyebabkan gula darah naik dan turun dengan cepat hingga ke titik rendah, sehingga kurang dari jam 10:00 pagi akan membuat Anda lesu dan tidak semangat.

Muffin adalah makanan dengan kombinasi dari tepung, telur, susu dan krim, mengandung banyak gula dan lemak, apalagi ditambah dengan berbagai saus atau bahan pelengkap lainnya, sehingga asupan kalori akan berlebihan.

Ahli gizi merekomendasikan, saat menikmati muffin, sebaiknya hindari dengan bumbu penyedap berkalori tinggi atau cukup olesi sedikit saja dengan bumbu penyedap lain, seperti : krim, saus cokelat, selai kacang, krim segar dan sebagainya, sebaiknya perbanyak dengan sayuran, buah-buahan segar, atau vanilla sauce sebagai penggantinya, dengan begitu gizi akan lebih seimbang.

Donat dan keju

Agar praktis dan menghemat waktu, tidak sedikit orang-orang memilih roti sebagai sarapannya, namun, meskipun roti itu enak, tetapi tinggi lemak, gula, dan diolah secara halus, nilai gizinya rendah, mengandung asam lemak trans yang akan meningkatkan kemungkinan terserang penyakit kardiovaskular.

Donat yang populer sekarang juga tidak terkecuali, sebagian besar donat biasanya ditambahkan dengan bahan pemanis, seperti madu, maltosa atau gula, sehingga membuat kesehatan kita terkikis. Jika dicampur lagi dengan keju, maka lemak jenuh dan kalorinya itu akan meningkat secara drastis, jadi, kombinasi yang paling sehat adalah memilih donat gandum, dan padukan dengan kacang, krim, selain dapat melengkapi makanan juga dapat menjaga vitalitas kita sepanjang hari. (Jhn/Yant)

Share

Video Popular