Setiap jenis buah-buahan memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia, dan kelima jenis buah-buahan ini dapat melindungi mata, agar mata yang lelah, kering menjadi lembab dan rileks(Fotolia)

Dewasa ini, sebagian besar orang acapkali menatap layar komputer, ponsel, iPad dalam waktu yang lama, sehingga lama kelamaan mata akan menjadi kering, dan mudah lelah. Agar bisa secara efektif meredakan mata kering, lelah, sekaligus melindungi penglihatan kita, selain pijat sederhana pada bagian mata dan istirahat yang yang cukup, Anda bisa konsumsi buah-buahan berikut ini, dapat membantu melembabkan mata.

1. Kumquat atau kingkit (keluarga jeruk)

Sebanyak 80% vitamin C terdapat dalam kulit buah kingkit ini, buah yang tidak hanya berfungsi sebagai detoksifikasi hati, tetapi juga bisa melindungi mata, melindungi sistem kekebalan tubuh dan sebagainya, nilai gizinya tergolong yang terbaik di antara keluarga jeruk lainnya.

2. Tebu

Kandungan zat besi dalam tebu mencapai1,3 mg / 100 g, menduduki peringkat teratas dalam berbagai buah-buahan, memiliki julukan sebagai “buah penambah darah”. Minum air tebu dapat meredakan panas, membantu pencernaan, mulut kering, mual, gangguan pencernaan dan juga dapat meredakan demam, selain itu juga dapat melindungi mata.

3. Tomat cherry

Kandungan vitamin A dalam buah sayuran tomat tergolong luar biasa di antara buah sayuran lainnya, selain itu juga kaya akan vitamin C dan vitamin P, memiliki kemampuan antioksidan yang kuat. Tomat cherry ini tidak hanya bisa membuat kulit menjadi elastis, tetapi juga dapat meredakan mata lelah.

4. Blueberry dan keju

Dalam buah blueberry mengandung banyak vitamin, asam amino, mineral dan unsur lainnya, memiliki khasiat memperbaiki penglihatan. Anthocyanin dalam blueberry dapat meningkatkan sirkulasi darah mata, menjaga tekanan intraokular normal, dan mencegah keburaman penglihatan. Selain itu, keju juga memiliki khasiat memperbaiki mata lelah, jadi ketika blueberry bertemu dengan keju, maka kombinasi ini tidak hanya terasa nikmat saat disantap, tetapi juga bisa secara efektif meredakan kelelahan mata.

5. Pisang

Pisang mengandung potasium dan karoten, bisa secara efektif melindungi mata. Setelah tubuh menyerap terlalu banyak garam, akan menyebabkan sejumlah besar cairan tertinggal di dalam tubuh, sehingga memicu terjadinya mata merah dan peradangan. Namun, pisang dapat menyeimbangkan kalium dalam tubuh, sehingga dapat membuang kelebihan cairan, sekaligus juga dapat meredakan mata lelah.(Jhn/Yant)

Share

Video Popular