Sayuran kangkung dapat meredakan panas dan kelembaban, menguatkan ginjal, sangat cocok dikonsumsi di musim panas. Hasil penelitian medis modern menyebutkan, kangkung mengandung kadar insulin yang dapat menurunkan gula darah, sayuran yang dapat dijadikan sebagai terapi makanan bagi penderita diabetes.

Kangkung dalam istilah ilmiah disebut Ipomoea aquatica atau water spinach, sayuran yang bisa diolah dengan cara ditumis, sebagai makanan dingin yang diberi saus, juga bisa diolah menjadi sup yang segar dan nikmat.

Kandungan serat kasar dalam sayuran kangkung sangat melimpah, yang terdiri dari selulosa, lignin, pektin dan komposisi lainnya. Pektin dapat mempercepat pembuangan zat-zat beracun di dalam tubuh, sedangkan lignin dapat meningkatkan aktivitas macrophages atau makrofag membersihkan tubuh dari partikel mikroskopis yang tidak diinginkan seperti bakteri dan sel-sel mati, membasmi bakteri dan mengurangi radang, selain itu juga dapat digunakan menyembuhkan tukak, inas (sekelompok bisul yang bentuknya saling terhubung) dan sebagainya.

Di samping itu, kangkung juga merupakan suatu bahan obat-obatan, menurut pengobatan Tiongkok, kangkung berkhasiat meredakan panas, detoksifikasi, mendinginkan darah, menghentikan pendarahan, sebagai pencahar dan khasiat lainnya.

Tumis kangkung dengan paduan jahe, bawang putih kemudian tambahkan garam dan cuka secukupnya, aduk rata, dan hidangkan. Sebuah menu masakan yang berkhasiat meredakan panas, mendinginkan darah dan sebagai detoksifikasi, menurunkan gula darah, lemak, sangat cocok bagai penderita kolesterol tinggi, gula darah tinggi dan lemak hati sebagai terapi sekunder.

Kangkung juga bergizi tinggi, tapi karena sifatnya dingin, jadi bagi mereka yang berfisik lemah, tekanan darah rendah, limpa dan lambung lemah, dingin, serta tinja yang encer sebaiknya hati-hati untuk mengonsumsinya. Saat mengolahnya sebaiknya tambahkan dengan sedikit bawang putih, untuk menetralisir sifat dinginnya.

Selain cara memasak seperti di atas, kangkung juga bisa diolah atau dikonsumsi seperti berikut :

Mengobati hemoptisis, epistaksis (perdarahan dari hidung) : Anda bisa buat sendiri minuman jus dari kangkung segar dengan lobak secukupnya, tambahkan madu.

Pembengkakan yang tidak diketahui secara jelas, memar dan nyeri: Hancurkan kangkung secukupnya, kemudian tumis dengan arak masak dan tempelkan dengan perban pada bagian yang sakit/bengkak.

Mengobati demam panas anak-anak, dahaga, air seni kekuningan : Ambil 100 gr kangkung segar, 6 buah water chestnut atau purun tikus (ilalang mirip rumput yang dapat dimakan umbinya), direbus dengan air secukupnya, minum tiga kali sehari selama sekitar 1 minggu berturut-turut. Semoga bermanfaat.(Jhn/Yant)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds