Oleh:  Liu Xiaozhen

Baru-baru ini, pengelola memorial hall mantan pemimpin Partai Komunis Tiongkok (PKT), Mao Zedong mengeluarkan pemberitahuan yang menghendaki wisatawan yang datang berkunjung untuk tidak membawa bungkusan apapun, cairan dan barang berbahaya termasuk tas jinjingan. Akibat kerawanan terhadap ledakan dan kebakaran acap terjadi belakangan ini, pihak berrwenang Tiongkok tampaknya juga takut bekas kediaman Mao bisa dibakar atau diledakkan.

Menurut laporan media Tiongkok, pemberitahuan itu sudah dikeluarkan oleh pengelola bekas kediaman Mao di Shaoshan dan akan diterapkan mulai 15 September 2015 mendatang.

Akhir-akhir ini kasus kebakaran dan ledakan sering terjadi di Tiongkok, sedikitnya 8 kasus kejadian di beberapa tempat terjadi pada 28 Agustus, juga 8 kasus ledakan dan kebakaran hebat lainnya terjadi di bulan yang sama. Sementara itu, ledakan terjadi pada sebuah pabrik kimia di kota Kaifeng, Henan pada 3 September 2015.

Serentetan kebakaran dan ledakan membuat masyarakat Tiongkok merasa gelisah dan bertanya-tanya. Apa yang sedang terjadi di bumi Tiongkok belakangan ini? Apakah penguasa alam sedang marah ? ataukah pasang Merah akan segera surut yang berarti bahwa rezim komunis sudah akan jatuh? (sinatra/rmat)

Share

Video Popular