Ketika Anda merasa haus, hindari minuman ringan. Sebaliknya, pilih segelas air karena tidak hanya menghilangka kehausan Anda tetapi juga membuat tubuh Anda terhidrasi. Minum jus ini bisa membuat Anda menambah berat badan dengan kalori ekstra yang ada di dalamnya. Minum air sekitar 8 gelas atau minimal 1,5 liter membantu dalam pencernaan dan menghilangkan racun dari tubuh. Jika Anda mengalami dehidrasi, ada kemungkinan pembentukan batu ginjal dan banyak efek berbahaya lainnya.

Apakah Anda tahu bahwa ada banyak efek berbahaya dari dehidrasi? Dan berikut 6 efek paling berbahaya dari yang dehidrasi.

Tingkat kolesterol

Apakah Anda tahu bahwa lebih sedikit air dalam tubuh dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol? Penelitian menunjukkan, bahwa peningkatan kadar kolesterol dapat dicegah, jika asupan cukup air dalam tubuh. Ini adalah salah satu efek yang paling berbahaya dari yang dehidrasi.

Pernapasan

Saluran udara dalam tubuh kita akan mengetat ketika tubuh dan paru-paru tidak cukup terhidrasi. Ini membuat kita sulit untuk bernapas dan juga lebih rentan terhadap alergi.

Kelelahan

Tubuh kita memerlukan asupan air yang cukup untuk tetap berenergi. Seseorang yang mengalami dehidrasi, tubuhnya akan sering merasa lelah dan lesu.

Sembelit

Lebih sedikit kadar air dalam tubuh, dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit dan BAB yang tidak teratur. Dengan asupan air yang cukup setiap harinya, dapat mengatasi masalah sembelit Anda.

Bertambahnya berat badan

Ketika kita merasa lapar, kita sering mengambil sesuatu untuk makan. Bahkan itu adalah adalah makanan yang tidak sehat. Kadang tidak menyadari bahwa kita mendapatkan rasa lapar ketika kita haus!

Ketika merasa lapar, kita sering mengambil sesuatu untuk makan. Bahkan, kita juga lebih suka untuk mengonsumsi makanan yang cepat saji dan rendah gizi. Hal ini, membuat kita lupa untuk mengonsumsi makanan sehat yang padat gizi juga, sehingga menjadi penyebab berat badan bertambah dengan cepat juga.

Dan terkadang, kita juga sering lupa untuk menyadari bahwa tubuh kita bukan merasa lapar, melainkan haus dan ingin minum saja.

Tekanan darah tinggi

Darah kita mengandung 92% air. Jika tubuh kita mengalami dehidrasi, maka darah cenderung mengental, sehingga dapat menjadi penyebab terjadinya tekanan darah tinggi. Ini bahkan dapat menyebabkan banyak bahaya kesehatan seperti penyakit jantung dan sebagainya.(Anai)

Share

Video Popular