Setiap kali kita makan buah, hal pertama yang kebanyakan dari kita lakukan adalah membuang kulitnya. Para ahli menyatakan, bahwa kulit dari buah – buahan juga banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi kulit dari buah – buahan tertentu, Anda dapat menambahkan lebih banyak vitamin dan protein dalam menu harian Anda.

Berikut beberapa jenis buah,yang kulitnya bisa dikonsumsi untuk kesehatan.

Jeruk

Kulit jeruk sangat bergizi. Mengonsumsi kulit jeruk dapat membantu Anda terhindar dari penyakit jantung. Juga dapat meningkatkan kesehatan mulut, meredakan gangguan pernapasan, mencegah sembelit dan mulas.

Delima

Kulit yang tebal dari buah delima, dapat membantu mencegah sakit tenggorokan. Hal ini juga baik dalam mengobati masalah gusi, karena mengandung zat besi.

Pisang

Kulit pisang sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengonsumsinya. Bahkan ia memiliki lebih banyak serat daripada buah pisang itu sendiri. Kulit pisang kaya akan asam amino ( tryptophan ) yang bermanfaat untuk mengobati infeksi mata.

Semangka

Apakah Anda tahu bahwa buah semangka efektif untuk menurunkan berat badan Anda? Kulitnya sulit untuk dikonsumsi, tetapi jika Anda menggigit bagian dalam kulitnya akan, seperti mengonsumsi sepotong mentimun.

Timun

Kulit mentimun kaya akan vitamin A dan K. Kedua vitamin tersebut baik bagi Anda, karena dapat membantu dalam penurunan berat badan, membantu penglihatan yang tepat dan meningkatkan kesehatan tulang.

Apel

Apakah Anda tahu, bahwa nutrisi utama dari sebuah apel adalah berasal dari kulitnya. Kulit Apel kaya akan flavonoid, yaitu zat kimia yang dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kanker.

Lemon

Kulit lemon bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda dalam waktu singkat. Hal ini karena kandungan salvestrol Q40 dan limonene yakni senyawa pelawan kanker dan antioksidan yang dapat menghilangkan racun dan juga stres.

Kiwi

Kulit kiwi kaya akan flavonoid, antioksidan dan vitamin C yang lebih banyak daripada buah kiwi itu sendiri.

Mangga

Kulit mangga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan memiliki kemampuan untuk melawan diabetes, kanker bahkan penyakit jantung. Hal ini karena kulit mangga kaya akan karotenoid, polifenol, omega-3, omega-6 dan asam lemak tak jenuh ganda.

Nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang kaya akan zat bromelain. Senyawa kimia dalam kulit dan batang nanas bermanfaat untuk menangani sinus dan peradangan.(Anai)

Share

Video Popular