Udara pun bisa dijadikan uang asalkan itu bermutu. Baru-baru ini, 2 orang pria Kanada mendirikan perusahaan baru untuk memproduksi udara segar kemasan yang diambil dari pegunungan Rocky kemudian menjualnya ke para pelanggan di Tiongkok dan negara lainnya yang memiliki udara berkualitas rendah atau berpolusi.

Satu tabung udara segar kemasan mereka dijual seharga CAD. 15,- (+/- USD. 11.27) untuk penghisapan sebanyak 150 kali, atau maksimum 200 kali.

Stasiun TV Kanada (CBC) baru-baru ini memberitakan bahwa sebuah perusahaan asal kota Alberta Kanada yang baru berdiri, Vitality Air berencana untuk ekspor sumber daya alam bukan gas atau minyak bumi tetapi udara segar dari pegunungan Rocky yang mereka kemas dalam tabung.

Pendiri perusahaan, Moses Lam mengatakan bahwa untuk memindahkan udara segar bebas ke dalam tabung membutuhkan waktu yang lama serta proses yang membosankan.

“Kami mengumpulkan udara Banff (kota kecil dalam taman nasional Banff, Alberta) yang memakan waktu sekitar 10 jam, lalu dikompreskan ke dalam tabung-tabung kecil yang siap untuk dijual,” kata Lam.

Lam mengaku, ia dan rekan bisnisnya Troy Paquette pada awal melakukan penjualan udara dalam kemasan lebih bersikap ‘iseng-iseng berhadiah’. Mereka mencoba memasukkan udara segar itu ke dalam kantung penyimpanan merk Ziploc, setelah disegel dan diberikan label lalu ditawarkan lewat eBay.

Sebulan kemudian, kantung udara segar itu baru terjual dengan harga yang tidak tinggi, tetapi diikuti dengan kantung kedua yang bisa terjual sampai USD. 168,-

Dalam 3 bulan terakhir, penjualan melalui website on-line mereka sendiri telah mencapai +/- 900 tabung atau sekitar 300 tabung setiap bulan.

‘Edmonton Sun’ melaporkan bahwa menurut Lam, pelanggan utamanya itu adalah warga Tiongkok, Israel, Turki, India, Dubai dan beberapa negara yang memiliki kualitas udara rendah atau berpolusi.

Namun saat ditanya tentang bagaimana perusahaan memindahkan udara segar pegunungan ke dalam tabung, Lam mengatakan bahwa itu adalah rahasia perusahaan.

“Tetapi saya jamin bahwa udara itu tidak kami ambil dengan cara menangkap udara dengan tangan lalu memasukkannya ke dalam tabung sambil berduduk-duduk di udara bebas,” jelasnya.

Perusahaan sudah memutuskan untuk mengambil sebagian keuntungan dari omzet penjualan dari sekarang sampai 30 Nopember yang akan datang untuk disumbangkan kepada Palang Merah Canada demi membantu meringankan beban akibat kebakaran hutan di British Columbia, Kanada. (Zheng Xiaoqi/sinatra/rmat)

Share

Video Popular