Saat usai melewati hari yang panjang dan melelahkan, Anda bersiap-siap untuk tidur dan menangkap delapan jam tidur tanpa terganggu. Akan tetapi begitu kepala menyentuh bantal, pikiran Anda menjadi hidup. Dan bukan hanya hidup, tapi terus berpacu seperti Anda usai menghabiskan tiga cangkir espresso. Anda mulai mengulangi hari, tahun, hidup Anda, dan setiap item yang pernah ada dalam daftar hal yang mesti dilakukan. Anda khawatir tentang hal-hal yang harus dilakukan besok, dan hari berikutnya dan berikutnya dan … stop! Anda sedang mencoba untuk tidur kan?

Apakah ini seperti yang Anda alami? Jika demikian, Anda tidaklah sendirian. Termasuk orang langka jika tidak sesekali menderita serangan sulit tidur. Banyak orang yang berjuang dengan insomnia secara berkala. Jika Anda pergi ke dokter, karena masalah sulit tidur, mungkin akan diresepkan obat untuk membantu tidur. Pengobatan Tiongkok, memandang insomnia agak sedikit berbeda. Untuk membantu tidur, langkah pertama adalah memahami mengapa Anda tidak bisa tidur, itu bisa ada sejumlah alasan yang berbeda.

Salah satu cara sederhana untuk memahami dikotomi antara terjaga dan tidur adalah memahami konsep Yin dan Yang. Dalam tubuh manusia, Yang bertindak seperti lampu pilot internal yang menjadi bahan bakar aktivitas, bertransformasi (seperti pencernaan), dan membuat Anda hangat. Yin adalah pendingin bergizi yang mengimbangi Yang, menjaga Anda dingin, dipelihara, dan diremajakan. Pada siang hari, Yang pada puncaknya, memicu kehangatan, energi, dan aktivitas. Begitu hari berubah menjadi malam, Yin akan mengambil alih, membantu untuk mendinginkan, menenangkan, meremajakan dan menyembuhkan melalui tidur nyenyak.

Sumber dari banyak pola insomnia adalah beberapa jenis ketidakseimbangan antara Yin dan Yang -biasanya Yang lebih kuat dari Yin. Misalnya, ketidakmampuan untuk tidur, pikiran berpacu, gelisah, dan bangun kepanasan dapat menjadi pertanda terlalu banyak Yang, dan sering kali disebabkan oleh stres, Anda tidak dapat menghapuskan bisnis dan konflik sehari-hari.

Jika mampu tertidur, tapi sering atau bangun larut malam dan tidak dapat tidur kembali, kemungkinan Yin Anda habis. Ini berarti bahwa penutrisian, pendinginan, dan aspek meremajakan tubuh tidak cukup berlimpah untuk membuat Anda tertidur.

Jika salah satu dari skenario ini seperti yang Anda alami, apa yang dapat Anda lakukan? Jawaban yang jelas adalah untuk meminta bantuan dari seorang praktisi akupunktur dan obat-obatan Tiongkok, yang dapat menggunakan akupunktur, ramuan Tiongkok, perubahan gaya hidup, dan terapi makanan untuk mengobati insomnia Anda. Sementara itu, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:

Menurunkan termostat. Jika Anda merasa gelisah atau bangun kepanasan, maka ruangan yang panas atau terlalu banyak selimut hanya memperburuk masalah. Malam hari adalah Yin dan dimaksudkan untuk menjadi penyejuk dan menenangkan hari, sehingga kamar tidur kondusif untuk tidur yang lebih baik.

Jangan tidur dengan perut kenyang. Makan terlalu dekat dengan waktu tidur adalah resep untuk sulit tidur, yang akan menderita mulas, kembung, dan ketidaknyamanan umum lainnya. Tubuh sedang mencoba untuk mencerna (suatu akitivitas Yang), mencoba untuk tidur, dan sangat sulit melakukan keduanya.

Hindari kafein. Kopi adalah minuman Yang, membuat penuh semangat dan gairah. Namun beberapa cangkir kopi yang kuat pada hari sebelumnya juga dapat berperan mengganggu siklus tidur / bangun Anda.

Makanan untuk membantu keseimbangan Yin dan Yang. Jika merasa panas dan bersemangat saat akan tidur, Anda mungkin ingin mengurangi makanan berat dan pedas secara umum, dan ingin menjadi lebih ramping. Jika masalah tidur Anda cenderung bangun pada dini hari, maka bisa mempertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak asupan lemak sehat dan makanan bergizi. Seperti kacang-kacangan, alpukat, biji-bijian dan sayuran hangat, serta daging.

Gunakan musik untuk membantu menenangkan pikiran yang berpacu. Ketika saya tidak bisa tidur, saya menggunakan rekaman hipnosis yang bisa mengetuk saya keluar seperti habis dibius, ini bisa membuat saya tertidur sepanjang malam. Saya juga mendengarkan lagu dan musik yang menemani saya tidur melalui penggunaan gelombang-otak delta (frekuensi otak yang sama saat bermeditasi mendalam dan tidur).

Periksa obat Anda. Banyak obat resep dapat mengacaukan tidur, termasuk misalnya antihistamin, obat tekanan darah, obat asma, dan diuretik.

Berlatih olahraga. Hanya saja akan jadi tidak tepat bila dilakukan sebelum tidur. Jika stres, emosi yang kuat, atau pikiran berpacu membuat Anda terjaga, latihan keras di awal hari akan membantu tidur lebih baik. Jika sedikit-sedikit terbangun dan tidak bisa kembali tidur, lakukan olahraga lembut pada siang hari (seperti berjalan, Yoga, Qi Gong) adalah pilihan yang lebih baik.

Gunakan cahaya. Ini seperti memanipulasi Yin dan Yang. Untuk membantu tubuh melepaskan hormon tertentu yang membantu mengatur tidur Anda, cobalah untuk mendapatkan setidaknya setengah jam dari sinar Matahari langsung (Yang) setiap hari dan menjaga ruang di mana Anda tidur segelap (Yin) mungkin. Jika Anda tidak dapat pergi ke luar selama setengah jam setiap hari, Anda juga bisa memperbaikinya dengan menggunakan lampu cahaya spektrum penuh.

Bersiap untuk tidur. Melamban di malam hari merupakan bagian penting dari pergerakan Yang ke Yin untuk mendapatkan tidur. Matikan komputer selama satu atau dua jam sebelum tidur, cahaya yang dipancarkan oleh layar komputer dapat menggagalkan proses tidur. Juga, dengan memperlambat, membaca atau bersantai dapat memberikan sinyal ke tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur. (Ajg/Yant)

Share

Video Popular