Air kelapa kelapa tidak hanya sebagai minuman pelepas dahaga, tapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, kaya dengan berbagai nutrisi, beberapa di antaranya bahkan melebihi kandungan nutrisi dari buah lainnya, memiliki khasiat melawan penuaan, anti-kanker, anti-trombotik, melindungi jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan beragam khasiat lainnya.

Air kelapa tidak sama dengan santan

Santan adalah cairan kental hasil perasan dari daging kelapa, yang dapat diminum setelah diencerkan. Santan kelapa kaya akan lemak, protein dan energi yang bermanfaat bagi kesehatan, kerap digunakan untuk masakan, khususnya masakan Asia. Santan kemasan yang kita temui biasanya mengandung 50 persen lemak, protein, dan 50% kandungan air. Air kelapa adalah cairan putih bening yang mengandung 95% kadar air, kelapa yang masih muda umumnya lebih banyak mengandung cairan.

Air kelapa kaya dengan nutrisi

Air kelapa kaya akan vitamin alami (terutama vitamin B), mineral, dan multi mikronutrien (termasuk seng, selenium, yodium, sulfur dan mangan), asam amino, asam organik, antioksidan dan fitonutrien. Selain itu juga mengandung banyak elektrolit dan garam mineral, terutama kalium dan magnesium.

Air kelapa juga rendah kalori, hampir tidak mengandung lemak, rendah gula, tapi rasanya manis harum di lidah. Kadar gula dalam air kelapa hanya 1/5 dari buah-buahan lainnya, misalnya jus apel atau anggur, selain itu juga mengandung sedikit serat.

Kesehatan tubuh

Dr. Bruce Fife adalah seorang pakar yang paling otoritatif di dunia terkait penelitian kelapa, adalah seorang tokoh pertama di dunia yang mengadakan penelitian akademik tentang minyak kelapa dan hubungannya dengan kesehatan tubuh manusia. Hasil penelitian ilmiah dan pengamatan klinis telah mengonfirmasikan bahwa air kelapa memiliki khasiat yang luas terhadap kesehatan tubuh manusia seperti berikut ini :

  • Memenuhi cairan tubuh (cairan dan elektrolit).
  • Meningkatkan daya tahan saat berolahraga.
  • Melindungi jantung (kaya akan kalium dan magnesium) ; membantu menyeimbangkan tekanan darah, memperbaiki sirkulasi darah, mengurangi timbulnya plak.
  • Berefek sebagai anti radang ; mengurangi edema tangan, kaki.
  • Mencegah pembentukan trombus.
  • Membantu melindungi fungsi ginjal (mencegah dan melarutkan batu ginjal, mengobati infeksi pada saluran kemih).
  • Membantu menyeimbangkan gula darah dan kadar insulin.
  • Membantu pencernaan (kaya akan enzim) ; menyediakan flora usus yang bermanfaat.
  • Mengobati diare dan sembelit.
  • Melawan penuaan, meningkatkan kesehatan kulit (elastisitas kulit, pigmentasi kulit, keriput) ; mendorong proses penyembuhan luka.
  • Menguatkan kesehatan mata (katarak, glaucoma).
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh ; melawan bakteri (mengandung monolaurin).
  • Membantu mencegah tulang keropos dan anti-kanker.

Minuman keseimbangan elektrolit yang alami

Keseimbangan elektrolit tubuh bisa membuat cairan tubuh dan pH darah mencapai keseimbangan, sebaliknya ketidakseimbangan elektrolit dapat menyebabkan penyakit serius. Setelah berolahraga secara intens, muntah, atau diare, sebaiknya minum air kelapa segar untuk mencegah dehidrasi.

Kalium yang terkandung dalam air kelapa adalah 15 kali lipatnya dari minuman pada umumnya, dan kadar elektrolit lainnya mengandung sodium, magnesium, fosfor dan kalsium.

Sitokinin anti penuaan, anti trombotik dan anti kanker

Sitokinin merupakan nutrisi paling penting dalam kandungan air kelapa, nilai gizinya melebihi elektrolit, vitamin, mineral dan asam amino, memiliki efek sebagai anti penuaan terhadap jaringan dan sel-sel tubuh.

Sitokinin adalah hormon tanaman, yang mengatur pertumbuhan dan usia tanaman, bahkan dalam bidang hortikultura (budidaya tanaman) sitokinin ini digunakan untuk pembibitan anggrek dan sebagai ramuan herbal tradisional Tiongkok atau tanaman lainnya. Sitokinin dapat menopang pembelahan sel dan meningkatkan kecepatan pertumbuhan tanaman.

Para peneliti merekomendasikan, bahwa dalam minuman yang kaya dengan kadar sitokinin dapat mengurangi timbulnya penyakit akibat degradasi dan penuaan, dan air kelapa adalah minuman alami yang paling banyak mengandung unsur sitokinin.

Sitokinin dapat menghambat pertumbuhan dan proliferasi atau penyebaran sel kanker, dan selanjutnya secara perlahan-lahan sel kanker akan mati, sementara itu, sel-sel normal akan tetap tumbuh sehat.

Manfaat air kelapa pada jantung dan sistem kemih

Mikronutrien dalam kandungan air kelapa, terutama potasium, dapat membantu mencegah penyakit jantung dan hipertensi. Dalam sebuah penelitian, sebanyak 71% dari obyek percoban terkait minum air kelapa menunjukkan, bahwa tekanan darah obyek bersangkutan mengalami penurunan.

Selain itu, air kelapa juga sangat baik bagi penderita kencing batu pada saluran kemih. Dalam laporannya, kepala Urologi dari Chinese General Hospital, Filipina, yakni Eugenio Macalalag mengatakan bahwa air kelapa sangat efektif dalam mengobati penderita kencing batu pada saluran kemih, pasiennya minum air kelapa 2 – 3 kali setiap minggu, dan hasilnya menunjukkan gejala kencing batu pada pasiennya itu berkurang bahkan telah dikeluarkan, sehingga sang pasien pun tidak perlu operasi.

Pengganti minuman softdrink

Jika olahraga selama sekitar 30 menit, dan olahraga dari intensitas sedang ke intensitas tinggi, maka minuman yang paling ideal setelah aktivitas (olahraga) itu adalah air putih. Tapi, jika waktu olahraga itu lebih dari 60 menit, atau aktivitas olahraga di bawah suhu tinggi, olahraga esktra intens, banyak keringat, maka Anda perlu sportdrink untuk mengisi energi.

Sebagian besar sportdrink mengandung komposisi yang tidak cocok bagi tubuh manusia, misalnya gula buatan, pewarna buatan dan bahan kimia lainnya. Sementara itu, air kelapa adalah minuman alami, yang sepenuhnya bisa menggantikan jus buah atau softdrink sebagai alternatif terbaik

Namun, perlu diketahui sebaiknya pastikan untuk membeli air kelapa yang murni dan belum diolah. Untuk mendapatkan hasil terbaik sebaiknya langsung minum air kelapa segar itu dari buahnya, bukan membeli air kelapa kemasan.(Jhn/Yant)

Share

Video Popular