Anda lelah ? Iklan minuman penyegar dan meningkatkan semangat di TV yang dikemas singkat dengan pola yang jenaka meninggalkan kesan yang dalam bagi pemirsa. Dalam keseharian Anda, jika kerap merasa lelah, selalu merasa tidak cukup tidur dan tidak nyenyak, bisa jadi anda menderita sindrom kelelahan kronis!

Umumnya kelelahan itu bisa dihilangkan, cukup hanya dengan istirahat yang cukup. Yang dimaksud dengan kelelahan kronis yakni kelelahan akut yang berkelanjutan atau berulang. Rasa lelah masih belum bisa diredakan walaupun sudah istirahat, bahkan merasa nyeri otot dan tak bertenaga di sekujur badan, jika hal ini berlangsung lebih dari 6 bulan, maka sebaiknya hati-hati menderita gejala “Chronic Fatigue Syndrome” atau “sindrom kelelahan kronis.”

Tidak ada obat istimewa untuk menyembuhkan “sindrom kelelahan kronis”. Tapi jika tidak menyehatkan diri dengan istirahat yang cukup dan makanan yang bernutrisi, tidak tertutup kemungkinan akan berkembang menjadi karoshi (kematian yang disebabkan oleh kerja yang berlebihan).

Kelelahan kronis mudah terjadi pada kisaran usia 20-40 tahun, dan lebih banyak terjadi pada perempuan daripada laki-laki, sebagian besar penderita berhubungan dengan tekanan kerja, stres, dan istirahat yang tidak teratur dalam jangka waktu lama.

Dokter Zhang Cong-wei dari Taipei City Hospital, Taiwan, Taiwan mengatakan bahwa sebagian besar irama hidup orang-orang ini terlalu cepat, istirahat tidak teratur, tekanan atau beban kerja yang lebih berat, kurangnya waktu tidur, sehingga menyebabkan lemahnya organ paru-paru, limpa dan energi vital, selain itu juga memicu lemahnya organ hati maupun ginjal karena kekurangan yin (kekurangan cairan tubuh).

Dokter Zhang mengingatkan, kelelahan merupakan sinyal peringatan dari tubuh, mengingatkan Anda sudah waktunya istirahat. (Jhn/Yant)

Share

Video Popular