Penuaan adalah hal yang tidak ingin dilihat oleh semua wanita. Menyukai kecantikan adalah sifat alamiahnya, sehingga wanita tidak dapat menghindarkan dari berbagai produk perawatan kulit yang canggih. Namun, penampilan yang paling sehat dan cantik sebenarnya adalah berasal dari perawatan. Ovarium adalah salah satu organ yang paling penting dari wanita, juga rahasia wanita agar awet muda. Merawat ovarium dengan baik sama dengan mempercantik seluruh tubuh.

Kesehatan ovarium berpengaruh langsung dengan tubuh wanita. Ovarium berhubungan dengan postur tubuh, penampilan, dan kesuburan. Penuaan dini wanita dapat menyebabkan kemandulan, juga menyebabkan wanita lebih cepat tua. Kegagalan ovarium dini juga dapat terjadi osteoporosis, penyakit kardiovaskular, ketidakseimbangan metabolisme lipid, dan gejala lainnya.

Seiring dengn tekanan orang modern yang kian besar, beberapa wanita sebelum umur 40 tahun sudah muncul fenomena kegagalan ovarium dini, seperti mata kering, payudara kendur menyusut, kulit longgar kasar, osteoporosis, nyeri sendi, peradangan alat kelamin, mengompol, sembelit, jerawat, flek hitam, dan sebagainya . Fungsi Ovarium dan gaya hidup, kebiasaan makan erat kaitannya. Oleh karena itu, kaum wanita harus merawat ovarium dengan baik. Lalu bagaimana untuk merawatnya?

1. Sering minum susu

Susu, ikan, udang, dapat mengompensasi kekurangan hormone estrogen pada wanita. Selain itu, dapat mengonsumsi polygonum, rehmannia (何首烏、熟地、黃 芪 / Héshǒuwū, shúdì, huángqí), astragalus dan obat tradisional Tiongkok lainnya untuk menyehatkan darah.

2. Latihan

Yoga, berenang, dan berjalan santai dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengatur sekresi hormon, meningkatkan kepadatan tulang, juga untuk melepaskan tekanan/stres.

3. Pemeriksaan rutin

Secara teratur memeriksa hormon seks, payudara, dan endometrium. Menurut tingkat kadar hormon, penggunaan terapi penggantian hormon dapat menunda penuaan dini ovarium.

4. Berhenti merokok dan alkohol

Jangan merokok atau perokok pasif. Tetapi setiap hari minum satu sloki/ cangkir mini anggur merah mampu mengaktifkan ovarium. Polifenol dari anggur merah membuat sel telur lebih sehat. Sedangkan ragi dalam bir akan mengurangi aktivitas sel telur, jadi kurangilah minum bir.

5. Jangan mengonsumsi obat pelangsing

Jangan mengonsumsi pil diet. Jika harus mengonsumsi harus memilih pil diet yang bersifat lebih ringan.

6. Kerja dan istirahat

Jangan melalukan olahraga atau melakukan pekerjaan fisik yang berlebihan. Ketika merasa banyak tekanan, harus belajar beristirahat dan bersantai

7. Mempertahankan suasana hati yang menyenangkan

Hasil Penelitian medis modern, ketika emosi manusia dalam keadaan sukacita, nadi, tekanan darah, pergerakan fungsi lambung dan usus serta metabolism menunjukkan dalam keadaan stabil dan seimbang, sekresi zat kekebalan dalam tubuh pun lebih aktif, daya tahan terhadap penyakit juga meningkat. (Hui)

Share

Video Popular