Kesehatan emosional ada dalam inti kualitas hidup seseorang. Tanpa kebahagiaan, harapan dan kesejahteraan hidup, sulit untuk mencapai potensi Anda sepenuhnya dan menjalani hari-hari.

Kesehatan emosional Anda juga memiliki kaitan yang kompleks dengan kesehatan fisik, sehingga orang yang emosionalnya tidak seimbang akan memiliki risiko yang lebih besar terhadap penyakit kro-nis dan akut seperti pilek dan flu.

Sebuah studi menemukan, kebahagiaan, optimisme, kepuasan hidup, dan atribut psikologis positif lainnya, berhubungan dengan rendahnya risiko penyakit jantung.

Bahkan secara ilmiah menunjukkan bahwa, kebahagiaan dapat mengubah gen manusia. Sebuah tim peneliti di UCLA menunjukkan bahwa orang dengan kebahagiaan yang mendalam dan sejahtera memiliki tingkat lebih rendah dari tanda-tanda gen inflamasi serta respon antivirus dan antibodi yang kuat.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa beberapa orang dilahirkan secara alami lebih bahagia daripada yang lain. Dalam salah satu penelitian terhadap hampir 1.000 pasang kembar dewasa, para peneliti di University of Edinburgh memperkirakan bahwa aspek gen menyumbang sekitar 50 persen dari variasi tingkat kebahagiaan orang.

Penentu yang mendasari secara genetik menyebabkan ciri-ciri kepribadiannya seperti suka bersosialisasi, aktif, stabil, pekerja keras, atau teliti. Tapi ini sama sekali tidak menunjukkan bahwa Anda yang terlahir dengan emosional “kepribadian” tertentu, tak berdaya untuk mengubahnya.

Siapapun dapat meningkatkan kemampuannya menjadi “sukses emosional”, namun lingkungan dan kondisi kehidupan Anda juga berperan, karena ada banyak indikator lain dari kesehatan emosional di luar gen Anda (atau faktor usia).

7 Kebiasaan emosional orang sukses

Dalam banyak hal, tingkat keberhasilan emosional didasarkan pada pilihan dan sikap Anda sendiri. Beberapa orang bisa jatuh tersungkur oleh perjuanan, sedangkan yang lainnya bisa dengan mudahnya mengesampingkan “tantangan” yang dijumpai di sepanjang jalan.

Dalam rangka “menguatkan” emosional, sehingga dapat menjalani hidup dengan perasaan alami yang kuat dan percaya diri dalam menentukan pilihan (dan pada diri sendiri), cobalah menerapkan 7 kebiasaan emosional orang sukses.

1. Memegang kontrol

Daripada hanya duduk dan membiarkan kehidupan terjadi pada Anda, lebih baik mengambil kendali dan memutuskan untuk berbuat sesuatu bagi diri Anda. Menjadi penguasa atas nasib Anda sendiri, jadi mulailah bicarakan dan perhitungkan langkah-langkah un¬tuk mencapai tujuan dan keinginan tersebut.

2. Jadilah fleksibel

Mungkin dalam hidup berjumpa hal seperti menjungkirbalikkan Anda beberapa kali. Ketika itu terjadi, akankah ia mengeluarkan Anda atau akankah Anda dapat tetap berada diporos ketika mem-butuhkannya? Menjadi fleksibel berarti Anda memiliki pikiran terbuka dan akan menyesuaikan diri dengan kehidupan apa pun yang ditemui dalam perjalanan hidup.

3. Belajar dari kesalahan

Kesalahan sering kali mengandung pelajaran berharga yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki diri dimasa mendatang. Anggaplah mereka sebagai sarana untuk meningkatkan diri daripada makin menyudutkan Anda.

4. Buat tujuan khusus

Siswa yang menetapkan tujuan, mendapatkan uang dua kali lebih banyak dibanding mereka yang tidak. Begitu juga dengan mereka yang menyusun jelas, menulis semua targetnya mendapatkan 10 kali lebih banyak. Menyusun dan menuliskan tujuan Anda akan membantu memiliki arah yang jelas dan rencana dalam mencapai impian.

5. Menerima diri sendiri

Kekuatan berasal dari dalam, belajar menerima diri sendiri adalah penting untuk menjadi bahagia. Menahan diri untuk tidak mencari pengakuan dari orang lain. Setelah Anda merasa nyaman dan kuat dalam arti pada diri sendiri, maka hubungan dan kesuksesan akan datang secara alami.

6. Mengendalikan stres

Jika sedang mengalami stres, akan lebih sulit untuk mengontrol emosi. Temukan aktivitas apa saja yang bermanfaat untuk mengendalikan stres agar tetap terkontrol (misal berolahraga, berbicara dengan teman, waktu untuk diri sendiri, dan lain-lain), dan pastikan untuk terlibat dalam secara teratur.

7. Biarkan masalah kecil berlalu

Rasa cemas dan tertekan atas keadaan yang tidak dapat Anda kontrol atau masalah yang tidak terlalu penting akan menguras cadangan mental dan meletihkan Anda. Menahan diri untuk tidak menjadi gila kontrol dan dapat melepaskan ketidaknyamanan kecil, gangguan, dan kekecewaan yang datang di sepanjang perjalanan hidup.

Memilih untuk bahagia

Apa yang Anda lihat tentang kebiasaan di atas adalah tentang pilihan yang dapat Anda buat sendiri. Diperkirakan bahwa genetika menyumbang sekitar 50 persen dari “bawaan” kebahagiaan, sementara kondisi hidup hanya memengaruhi 10 persen saja. Sisanya ada di bawah kendali Anda, dan langkah pertama untuk memanfaatkannya adalah memilih dan percaya bahwa Anda bisa bahagia.

Penelitian menunjukkan, misalnya ketika orang diberitahu untuk mencoba merasa lebih bahagia ketika mendengarkan musik, maka mereka merasa bahagia (sedangkan yang lainnya diberitahu untuk hanya merasa santai saja). Adalah niat untuk menjadi lebih bahagia yang membuat perbedaan ini.(Ajg)

Share

Video Popular