Mendengkur bukan hanya masalah bagi orang dewasa. Hal ini juga terjadi pada beberapa anak. Menurut penelitian, sekitar 20% dari anak-anak mendengkur tidak banyak efek kesehatan yang serius. Hal ini hanya kebiasaan mendengkur. Tapi mendengkur pada beberapa anak dapat disebabkan oleh masalah kesehatan terkait, yang perlu penanganan serius.

Orangtua harus menemukan sebab anak-anak mereka mendengkur. Mendengkur dapat karena masalah bernapas atau tanda tidur. Jika anak Anda memiliki masalah pernapasan saat mendengkur, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Mendengkur disebabkan karena obstruksi fisik untuk aliran udara ditiup melalui mulut dan hidung.

Seiring dengan ketidaknyamanan suara mendengkur pada anak-anak, ada beberapa risiko kesehatan yang berhubungan dengan itu. Beberapa dari mereka adalah kesulitan bernafas, sering terbangun dari tidur, apnea obstruktif, susah tidur.

Berikut beberapa penyebab mendengkur pada anak-anak.

Hidung yang bengkak dan meradang

Biasanya, anak-anak dengan hidung meradang atau bengkak mengalami kesulitan dalam bernapas. Hal ini dapat terjadi ketika anak mengalami peradangan atau alergi. Dan ada beberapa gejala dari hidung yang bengkak, seperti anak akan bernapas melalui mulut serta adanya suara yang berisik dalam setiap pernafasannya.

Obesitas

Obesitas juga erat hubungannya dengan tidur yang mendengkur pada anak-anak. Hal ini karena terjadinya penumpukkan lemak disekitar leher, sehingga mudah timbul suara mendengkur ketika tidur. Sebuah penelitian terbaru menemukan, bahwa obesitas dapat meningkatkan tingkat mendengkur saat anak tidur. Dan masalah obesitas pada anak, merupakan masalah kesehatan yang serius saat ini.

Gangguan pernapasan

Mendengkur pada anak, juga dapat disebabkan oleh beberapa gangguan pernapasan. Anak-anak yang memiliki penyakit asma, alergI, sakit telinga atau infeksi tenggorokan, juga akan mendengkur saat mereka tidur. Konsultasikan dengan dokter anak pada tahap awal ini, untuk perawatan yang lebih baik.

Hidung tersumbat

Ini adalah salah satu penyebab mendengkur pada anak-anak. Hidung yang tersumbat juga dapat disebabkan oleh alergi, sinusitis kronis atau infeksi virus. Hal ini menyebabkan anak sulit untuk bernapas dengan baik dan menghasilkan suara dengkuran saat tidur.

Amandel yang membesar

Salah satu alasan sebab anak mendengkur adalah amandel yang membesar. Hal ini dapat menyebabkan anak sulit untuk bernapas, sehingga menimbulkan suara napas yang berisik sepanjang tidurnya. Orangtua harus berhati-hati, ketika anak Anda memiliki radang amandel, sehingga anak sulit untuk bernapas. Anda disarankan sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter, untuk menghindari kondisi yang lebih serius terjadi dikemudian hari.

Stres

Kontroversi tentang peran stres dalam mendengkur masih berlanjut. Ada penelitian menunjukkan, bahwa penyebab anak-anak tidur mendengkur karena stres. Hal ini dapat menjadi alasan lain di antara penyebab mendengkur pada anak-anak.

Jangan mengabaikan masalah mendengkur dari anak-anak Anda. Pemeriksaan sejak dini dapat membantu Anda untuk mendapatkan pengobatan yang efektif pada anak di waktu yang tepat. (Anai)

Share

Video Popular