Zheng Xiaoqi

2 orang (1 pria 1 wanita) wisatawan asal Tiongkok menipu dengan cara menukarkan berlian asli dengan yang palsu dalam ruang pameran Berlian di Bangkok pada Kamis (10/9/2015). Di mana wanita tersebut mencoba untuk membawa keluar berlian curian itu dengan cara menelannya. Kedua orang itu akhirnya tertangkap polisi di bandara. Pada Sabtu (12/9/2015), dokter rumah sakit Bangkok terpaksa mengambil tindakan bedah perut untuk mengangkat berlian 6 karat tersebut.

Menurut laporan United Press International pada Minggu (13/9/2015), wanita wisatawan asal Tiongkok bernama Jiang Sulian (30) bersama seorang pria bernama Hae Ying (34) pada Kamis (10/9/2015) mengunjungi pameran internasional berlian ke 56 di Impact Muang Thong Thani, Bangkok. Di depan lemari pamer milik perusahaan M-Tarun mereka melihat sebutir berlian 6 karat lalu menanyakan harga jualnya dan meminta ijin kepada pemandu penjual untuk memeriksa sendiri barang berharga itu. Setelah berbicara panjang lebar sekitar 10 menit mereka pun mengembalikan berlian tersebut dan meninggalkan stan pameran. Namun ketika pemandu memeriksa berlian itu ia terkejut karena berlian sudah ditukar dengan yang palsu.

Melalui kamera keamanan pihak berwenang menemukan bahwa Jiang Sulian dan Hae Ying menukar berlian 6 karat yang berharga lebih dari 10 juta Thai Baht itu dengan berlian palsu yang sudah mereka persiapkan sebelumnya. Pihak berwenang kemudian memberitahu Departemen Imigrasi yang berhasil menangkap mereka di Bandara Suvarnabhumi, Bangkok. Awalnya kedua tersangka itu masih berusaha untuk membantah tuduhan, tetapi tidak berkutik setelah scan x-ray membuktikan sebutir berlian berada dalam usus kecil wanita itu.

Awalnya, pihak kepolisian berharap berlian itu bisa dikeluarkan dari perut Sulian dengan bantuan obat pencahar. Namun metode ini terbukti tidak efektif. Setelah 3 hari menunggu tanpa hasil, Sulian pun terpaksa setuju untuk menjalani pembedahan di rumah sakit. Polisi mengatakan bahwa pembedahan berlangsung sekitar 12 menit dan Sulian sekarang sedang menjalani pemulihan fisik. Setelah kondisinya membaik nantinya ia akan dikirim ke lembaga pemasyarakatan untuk mempertanggung-jawabkan perbuatannya.

Berlian yang sudah diangkat itu oleh pihak berwenang akan dikirim kembali kepada pemiliknya untuk dilakukan pengesahannya.

Jiang Sulian dan Hae Ying kedua wisatawan pemegang paspor Tiongkok itu ditangkap polisi saat sedang membeli tiket pesawat jurusan Hunan Tiongkok. Dalam pemeriksaan awal, mereka terus menegaskan bahwa mereka adalah wisatawan dan menolak tuduhan. Bahkan polisi juga tidak menemukan adanya berlian termaksud ketika memeriksa seluruh barang bawaan mereka. Tetapi pemandu penjual yang datang bersama polisi membenarkan kedua orang tersebut adalah pelaku.

Kepolisian Thailand melalui interogasi menemukan bahwa mereka datang ke Bangkok bersama kelima orang lainnya. Dan 2 orang sudah ditangkap di daerah Sa Kaeo, 2 orang lagi di daerah Yaowarat, tetapi 1 orang lainnya telah meninggalkan Thailand. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular