Apakah asteroid ? Meteor ? Balon udara ? atau sampah antariksa? Di Thailand pada Senen pagi (7/9/2015) lalu Sebuah bola api misterius menerangi langit kota Bangkok. Sehubungan dengan itu, foto dan video bola api itu sekarang tersebar luas di media sosial.

Melansir laman CNN, saat puncak jam kerja di pagi hari, dari lokasi yang tidak sama di segenap Kota Bangkok, masyarakat bisa menyaksikan bola api tersebut. Obyek tersebut tiba-tiba terbakar sebelum jatuh dan menghantam permukaan tanah.

Beberapa gambar di media sosial dengan jelas menunjukkan jalur gerakan bola api yang tampak terbakar itu di atas langit biru Kota Bangkok.

Ahli: Kemungkinan besar asteroid

Wakil direktur badan astronomi nasional Thailand, Saran Poshyachinda mengatakan dalam sebuah wawancaranya, obyek yang ditemukan pagi itu kemungkinan besar dari luar angkasa.

“Benda itu tampak seperti sebuah asteroid yang menuju ke Bumi, melintasi langit, kemudian menjadi bola api,” pungkas Saran Poshyachinda.

Masih menurut Poshyachinda, berdasarkan bukti video dan foto terkait, ia memperkirakan obyek tersebut sekitar 100 kilometer (62 mil) jaraknya dari permukan tanah. “Obyek itu mungkin tidak begitu berat, mungkin hanya beberapa kilo saja.” Lanjutnya.

Sejauh ini, belum ada cukup bukti yang menyatakan apa sebenarnya objek itu.

Balon udara ? Sampah antariksa ?

Seorang pejabat di planetarium Bangkok yang dilansir “Bangkok Post” mengatakan, besar kemungkinan itu adalah sebuah balon udara yang terbakar.

Sementara itu, situs Satview menyebutkan, bola api mungkin juga merupakan sampah antariksa, obyek tersebut bertemu atmosfer Bumi ketika berputar di atas orbit, lalu terbakar pada saat itu.

Bola api itu terlihat di Provinsi Kanchanaburi sebelah barat, ibukota Bangkok, Thailand. Deputi Gubernur Provinsi tersebut mengatakan kepada media, kecil kemungkinan itu adalah pesawat jatuh, lagipula sejauh ini provinsi terkait belum menerima laporan tentang kecelakaan helikopter atau pesawat apa pun.(Jhn/Yant)

Share

Video Popular