Lemari es merupakan alat penyimpanan makanan terpenting dan wajib dimiliki setiap rumah. Dengan menggunakan lemari es, kita dapat menjaga kesegaran dari buah- buahan, sayuran, minuman dan berbagai bahan makanan lainnya.

Namun, sebagai alat untuk menyimpan makanan dan minuman, lemari es juga harus tetap di rawat serta dijaga kebersihannya, agar tidak beraroma bau dan tetap terjaga kesegarannya.

Berikut beberapa cara untuk menjaga lemari es agar jauh dari bau tak sedap.

Bersihkan lemari es secara teratur

Ini menjadi cara terpenting dari semua tips yang harus dilakukan,untuk mencegah bau dan aroma tidak sedap yang melekat dari lemari es Anda. Cairkan lemari es Anda, setidaknya setiap dua minggu sekali. Bersihkan semua rak dan kotak penyimpanan bahan makanan dalam lemari es Anda.

Baking soda

Baking soda adalah pewangi terpercaya untuk lemari es. Anda dapat membuat adonan dari baking soda dan air untuk membersihkannya. Sangat efektif untuk membersihkan lemari es dan menghilangkan bau.

Bubuk kopi

Tempatkan sedikit bubuk kopi dalam mangkuk kecil dan letakkan dalam lemari es Anda. Bubuk kopi dapat menyerap bau yang tidak sedap dari lemari es dan membuat aroma dalam lemari es Anda,menjadi segar kembali.

Menjaga suhu lemari es

Ini adalah salah satu tips yang paling efektif untuk mencegah bau dari kulkas. Umumnya, kebanyakan orang lupa dan kurang perhatian untuk mengatur suhu lemari es dengan baik. Suhu yang tidak teratur serta yang terlalu dingin, menjadi penyebab bertambahnya bau dan aroma yang tidak sedap dari lemari es.

Gunakan vanili

Cairkan bubuk vanili dan rendam bola kapas didalamnya. Kemudian, tempatkan bola kapas dalam lemari es. Dalam beberapa jam kemudian, Anda bisa mendapatkan aroma yang menyegarkan dari lemari es Anda Ini adalah salah satu cara yang paling dapat diandalkan untuk mencegah bau di lemari es.

Menutup rapat kotak penyimpanan makanan

Hal ini dapat menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah bau dari lemari es. Umumnya,ada beberapa jenis bumbu dapur dan sayuran seperti bawang merah, lobak putih dan lainnya, mempunyai aroma yang kuat, jika dibiarkan dalam wadah yang terbuka. Jika Anda ingin menempatkan mereka dalam lemari es, pastikan dalam wadah yang tertutup dan kedap udara, sehingga dapat mencegah penyebaran bau dalam lemari es Anda.

Potongan arang

Sangat sedikit orang yang tahu bahwa arang adalah alat penyerap yang kuat dari bau, terutama ketika ditempatkan di dalam lemari es Anda. Anda dapat menempatkan potongan arang di lemari es Anda, sehingga efektif menyerap bau dan aroma tidak sedap dari lemari es Anda.

Lemon

Potong buah lemon dan menempatkan mereka di dalam lemari es Anda. Cara ini sangat efektif nan alami yang dapat menyerap bau serta aroma tidak sedap dalam lemari es Anda.

Hindari menumpahkan makanan

Apakah Anda sering menumpahkan saus, selai, minuman atau makanan lainnya di dalam lemari es Anda ? Anda perlu segera membersihkan tumpahan tersebut. Hal ini dapat membantu menjaga kesegaran lemari es dan terhindar dari aroma tumpahan yang melekat.

Menyimpan makanan dalam wadah tertutup

Semua bahan makanan maupun minuman tentu mempunyai aromanya masing – masing, bahkan ketika mulai berubah kualitasnya dan membusuk. Hal ini yang menjadi penyebab penyebaran bau dan aroma yang tidak sedap juga dalam lemari es Anda nantinya. Anda disarankan sebaiknya selalu menyimpan segala makanan dan minuman dalam wada tertutup. Dengan demikian, udara dalam lemari es Anda akan segar, bebas dari bau juga.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular