Bertengkar di depan anak Anda bisa menjadi salah satu tindakan yang paling bodoh untuk dilakukan. Orangtua harus menyadari bahwa hal-hal seperti itu bisa menjadikan orangtua yang buruk bagi anak-anaknya. Jika ada masalah antara Anda dan pasangan Anda, lebih baik untuk menyelesaikannya ketika anak-anak tidak ada di sekitar Anda. Pertengkaran di depan anak- anak akan berdampak buruk bagi perkembangan jiwa dan mental dari anak.

Takut

Salah satu efek pertama pertengkaran di depan anak adalah menciptakan rasa takut pada anak Anda. Anak Anda mungkin tidak dapat memahami akan alasan di balik pertengkaran orangtuanya. Namun, anak Anda tahu dan mengerti bahwa ada sesuatu yang salah di antara orangtuanya dan sesuatu yang tidak menyenangkan sedang terjadi. Dan hal ini membuat anak Anda akan merasa terintimidasi.

Contoh yang salah

Anda memberi contoh yang salah dengan bertengkar di depan anak-anak Anda. Anak-anak akan mengambil sifat-sifat perilaku dan mungkin mencoba untuk meniru Anda ketika mereka tumbuh dewasa. Sifat agresi, ketika ditiru anak-anak mungkin menjadi sifat perilaku yang tidak menyenangkan.

Suka dan tidak suka

Orangtua yang bertengkar didepan anak, akan menimbulkan perasaan benci, sehingga anak akan menggangap orangtuangnya sebagai “ musuh“ baginya. Hal ini karena, anak mungkin cenderung akan memihak pada salah satu orangtua dan membentuk opini sendiri terhadap kedua orangtua mereka.

Dan anak- anak mungkin akan suka (memihak) pada salah satu orangtuanya dan mungkin akan mulai membenci orangtua lainnya. Ini tidak baik bagi perkembangan jiwa anak yang masih polos, karena anak-anak umumnya mencintai kedua orangtuanya.

Kenangan masa kecil menyenangkan

Anak-anak akan berkembang dengan kenangan masa kecil yang buruk jika mereka sering melihat berdebatan atau bertengkar orangtua. Cobalah untuk memberikan beberapa kenangan masa kecil yang menyenangkan untuk Anda anak sehingga ia dapat melihat kembali dan merasa bangga menjadi anak. (Anai)

Share

Video Popular