Seorang pria bermarga Xu dari Changchun, Provinsi Jilin, Tiongkok, beberapa waktu lalu tanpa sengaja menemukan sebuah benda asing seberat 25 kg, setelah dilihat tetangganya, benda itu diduga adalah “obat awet muda” dalam legenda, bahkan ada kolektor setempat ingin membelinya seharga 50,000 yuan atau sekitar Rp. 112,5 juta.

Beberapa waktu lalu, pria bermarga Xu menemukan sebuah benda asing warna hitam di dalam tanah berlumpur ketika membeli barang-barang rongsokan di Changchun, benda itu mirip dengan (pohon) tunggul, tapi terasa agak lunak ketika diraba. Karena penasaran, pria bermarga Xu ini lalu membawa pulang benda asing itu, dan membersihkannya.

Setibanya di rumah, Xu meletakkan benda asing itu ke dalam akuarium, benda seberat 25 kg, berdiameter sekitar 30 cm, dengan tinggi kurang lebih 40 cm itu, bentuknya mirip dengan sebatang pohon tunggul tua yang penuh dengan retakan, rasanya seperti plastik yang keras ketika diraba, tapi di dalamnya lunak, jika dibuka, kita bisa melihat filament putih di bagian bawah benda tersebut, dan elastisitasnya seperti spons saat diremas.

Setelah dilihat oleh tetangganya, diduga benda asing itu adalah tai sui (suatu jamur berlendir). Pria bermarga Xu itu menemui seorang kolektor di Beijing untuk mengidentifikasi benda asing itu, dan di luar dugaan, sang kolektor mengklaim bahwa benda itu adalah “tai sui” yang sesunggunnya, dan ingin membelinya seharga 50.000 yuan, tapi Xu tidak berniat menjualnya.

“Tai sui” juga dikenal sebagai Roulingzhi, sangat elastis, tumbuh di dalam tanah, adalah suatu kompleks jamur, memiliki nilai jual yang tinggi. Produk perawatan kesehatan yang bermutu tinggi ini sudah barang tentu menjadi incaran banyak orang. Karena tai sui atau roulingzhi ini umumnya tumbuh di alam liar, dan hidup dengan menyerap bakteri, daya hidupnya esktrim kuat, adalah suatu organisme yang unik dengan pertalian antara tumbuhan dan binatang.(Jhn/Yant)

Share

Video Popular