Sebuah gagasan baru untuk charger ponsel kecil, diakui sebagai yang terkecil di dunia, telah menarik minat investor dan distributor global. Langkah selanjutnya adalah mulai memproduksi dan menjual charger tersebut.

The Nipper adalah charger telepon darurat yang cukup kecil untuk digantung bersama dengan gantungan kunci. Charger ini hanya berukuran 17 mm dan bobot 10 gr. Saat ini, ia bekerja dengan ponsel atau perangkat lain dengan konektor micro-USB, sebuah versi yang sedang dikembangkan untuk Apple iPhone.

“Kami memutuskan menggunakan dana publik untuk proyek ini karena kami ingin melihat produk ini secepat mungkin dapat berada di luar sana dan juga kami ingin melihat tingkat antusiasme dari masyarakat,” jelas Doug Stokes, pendiri Design on Impulse, bersama dengan Chris Tait, yakni sebuah perusahaan yang berbasis di London yang mengembangkan pengisi baterai.

Pada Agustus 2015 lalu, Design on Impulse menetapkan tujuan untuk meningkatkan minimal 6.000 poundsterling melalui situs pendanaan publik, Kickstarter. Dengan batas waktu pendanaan di tengah September, total 791 orang dari seluruh dunia telah menjanjikan dana sebesar 20.432 poundsterling. “Kami berharap untuk membuat hal ini lebih murah dan mudah dengan dana publik. Jika Anda tidak mencapai target, Anda tidak mendapatkan dana sama sekali, jadi kami harus berhatihati,” kata Stokes. “Kami sangat senang dengan apa telah yang kami raih,” imbuhnya.

Dengan tingkat pendanaan ini, perusahaan akan dapat menggunakan metode produksi industri, seperti injection molding untuk komponen plastik, membantu untuk menjaga turunnya harga dan meningkatkan kualitas. Bagian produksi, yang akan di-outsourcing, diharapkan mulai bulan Desember berada pada tingkat 5.000-10.000 per tahun.

Pendanaan lebih lanjut dapat berasal dari investor global yang tidak ditentukan yang telah menyatakan minat dalam proyek ini, namun masih belum ada penawaran semacam itu yang telah ditandatangani.

The Nipper akan dijual di seluruh dunia melalui berbagai outlet yang berbeda, termasuk di website Design on Impulse dan pengecer berbasis internet dan jalanan. Distributor luar juga bernegosiasi dengan perusahaan. Harga charger dasar akan dipatok £ 15 (336.913 rupiah).

Untuk menggunakan charger ini membutuhkan dua baterai AA yang ditempatkan di antara magnet neodymium yang menghubungkan Nipper dan pengisi ke ponsel. Magnet itu menahan kedua baterai dan pada saat yang sama membuat sambungan listrik ke papan sirkuit Nipper yang mengubah listrik dari baterai ke catu daya 5 volt untuk mengisi baterai telepon. (Osc/Yant)

Share

Video Popular