Banyak orang terkadang memiliki masalah bau mulut, membuat kikuk ketika berada di tempat umum. Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) percaya bahwa bau mulut berasal dari hawa panas di dalam hati, yaitu “unsur api di dalam lambung berlebihan dan bagian lambung usus panas.”

Dalam teori PTT, banyak masalah kesehatan dapat disembuhkan melalui pijat titik akupunktur. Ketika menemukan diri sendiri memiliki bau mulut, cobalah pijat titik akupunktur Daling, maka dapat menurunkan dengan cepat unsur api/panas dan menghilangkan bau mulut.

Titik akupunktur Daling: adalah titik akupunktur khusus untuk bau mulut

Titik akunpunktur Daling, sejak dahulu digunakan untuk pengobatan dan mengatasi bau mulut. PTT percaya bahwa bau mulut bersumber dari unsur api di dalam jantung dan limpa yang terlalu panas, jika meridian selaput jantung (pericardium) terakumulasi panas terlalu lama, maka akan membakar dan melukai jaringan darah, atau disebabkan dari kelembaban limpa yang lemah dan keruh meluap ke atas, seolah mengasapi bagian mulut, lidah dan tenggorokakn, cobalah dengan menekan titik akupunktur Daling di pergelangan tangan, paling dapat mengusir panas dan menghilangkan kelembaban.

Metode memijat titik akupunktur Daling

Titik akupunktur Daling terletak di garis tengah dari kerut horizontal pada pergelangan tangan, ketika pergelangan tangan ditekuk maka di pergelangan tangan akan muncul garis-garis tangan, di titik tengah garis kedua yang menerus /tidak terputus, antara dua tendon itulah titik Daling (lihat foto atas).

Cara memijat

Pertama, dengan ujung ibu jari tangan kanan menekan titik akupunktur Daling pada tangan kiri, tekan dengan lurus (vertikal) dan bertenaga, lalu ditekan dan diurut ke arah bawah, kemudian aktifkan pergelangan tangan kiri, hal itu dapat sepenuhnya merangsang dan mencapai jaringan otot yang mendalam, maka akan terasa nyeri, mati rasa, bengkak, ngilu dan panas. Setelah non stop 20 sampai 30 detik, secara bertahap rileks, kemudian dilanjut lagi dengan memijat lembut di bagian itu, 3 sampai 5 menit. Lakukan pada tangan kiri lebih dahulu baru tangan kanan, 1 sampai 2 kali sehari. Pijat titik akupunktur Daling juga dapat meredakan nyeri pada tumit.

Meskipun bau mulut yang disebabkan unsur panas dalam limpa, selain dapat disembuhkan dengan memijat titik akupunktur Daling, di dalam kehidupan pun harus memperhatikan kurangi makan bawang putih, bawang merah, tembakau dan minum alkohol, yang mudah merangsang timbulnya bau mulut. Makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, banyak minum air dan makanan berserat kasar untuk mencegah sembelit adalah metode yang dapat memperbaiki nafas tak segar.

Selain itu, kadang-kadang bau mulut dapat juga disebabkan oleh sejumlah penyakit, misalnya bau mulut yang seperti apel busuk atau berbau bawang putih, harus mewaspadai terhadap ketoasidosis diabetes; yang berbau pesing seperti urin, mungkin dikarenakan adanya masalah pada ginjal; pasien penyakit liver bau mulutnya biasanya seperti bau tengik atau anyir. Oleh karena itu, apbila terasa bau napas yang lain daripada normal, lebih baik segera pergi ke rumah sakit untuk mengidentifikasi penyebabnya. (Hui/Yant)

Share

Video Popular