Erabaru.net. Dalam kehidupan sosial sehari-hari, bau mulut merupakan gejala yang membuat kita serba salah tingkah dan memalukan.

Timbulnya bau mulut mungkin disebabkan oleh penyakit dalam rongga mulut atau organ dalam tubuh, selain itu, bau mulut yang dipicu oleh mulut kering juga tidak sedikit.

Air liur di mulut memiliki efek pembersihan dan sterilisasi, perkembangbiakan bakteri akan meningkat jika sekresi air liur berkurang.

Ketika seseorang dalam keadaan tegang, akan mensekresikan air liur yang kental, sebaliknya saat rileks akan mensekresikan air liur yang agak cair, karena itu, mulut terasa kering saat dalam kondisi tegang, sehingga nafas kurang segar.

Selain itu, cairan dalam tubuh berkurang saat tidur, sehingga mulut akan terasa kering saat bangun pagi, saat flu, hidung tersumbat dan sesak napas, menggunakan pernapasan mulut juga dapat menyebabkan mulut kering dan bau mulut, merokok dan minum minuman keras juga dapat memicu bau mulut.

Meningkatkan sekresi air liur

Untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan berkurangnya sekresi air liur, salah satu caranya adalah meningkatkan air liur di rongga mulut.

Dengan mengunyah/memamah makanan beberapa kali bisa membantu sekresi air liur, jadi, Anda bisa mengonsumsi sejumlah makanan tinggi serat yang kenyal, kentang dan sayuran akar lainnya, atau apel, wortel dan sebagainya adalah pilihan yang ideal.

Saat memasak, sebaiknya cukup tambahkan sedikit gula, sedikit garam, dan sedikit bumbu saus lainnya, sebisa mungkin konsumsi makanan bening, hal ini untuk membantu menyegarkan napas.

Selain itu, cobalah untuk mengurangi rokok, alkohol, hal ini tidak hanya untuk mengurangi bau mulut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Makanan untuk mencegah bau mulut

Salah satu cara untuk menghilangkan dan mencegah bau mulut, yaitu dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang dapat menghilangkan aroma tak sedap di rongga mulut, sekaligus mencegah timbulnya bau mulut.

Berikut direkomendasikan makanan sehari-hari yang dapat menghilangkan bau mulut.

Katekin dalam kandungan teh hijau dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Selain minum air teh, Anda juga bisa mengunyah/memamah daun teh untuk mencegah bau mulut.

Chamomile, mint dan tanaman herbal lainnya yang mengandung unsur bakterisida, dapat membasmi bakteri di rongga mulut, mencegah bau mulut, dan aroma khas dari teh herbal juga bisa menghilangkan bau tak sedap.

Asam sitrat, rasanya sedikit pahit, tapi memiliki khasiat meningkatkan cairan tubuh dan meredakan dahaga. Seduh segelas air lemon bisa menghilangkan bau mulut.

Sayuran hijau kaya akan kandungan klorofil, Anda bisa membuat jus sayuran atau makan salad sayuran segar, untuk menyerap klorofil yang cukup dan mencegah bau mulut.

Berry (buah buni), jeruk, semangka dan buah lainnya mengandung banyak vitamin C, dapat membuat rongga mulut membentuk lingkungan yang tidak menguntungkan bagi pertumbuhan bakteri. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk kesehatan gusi.(Jhn/Yant)

Share

Video Popular