Pagi hari pada19 Agustus lalu, matahari baru saja terbit, namun, di sebuah pinggiran kota yang tenang di sekitar Tampa, Florida, Amerika Serikat, seorang wanita setempat tiba-tiba mendengar suara gemuruh ketka sedang jalan-jalan bersama anjingnya. Tidak lama kemudian ia tampak terkejut melihat Sinkhole (lubang pada tanah yang terbentuk tiba-tiba) yang pernah menelan seorang pria dua tahun lalu itu kembali membuka “moncongnya”, dalam keadaan panik ia pun segera menghubungi panggilan darurat 911.

Laman Associated Press menyebutkan, sampai pada sore hari waktu setempat, sebuah sinkhole  berdiameter 17 kaki (sekitar 5 meter) dengan kedalaman 20 kaki (sekitar 6 meter) telah terbentuk, dan tepat di lokasi inilah sinkhole misterius itu menelan seorang warga setempat bernama Jeff Bush pada 2013 lalu. Menurut penuturan pejabat setempat di Hillsborough County, hal itu mungkin karena hujan dan kondisi tidak biasa lainnya yang menyebabkan sinkhole tersebut kembali membuka moncongnya.

Maret 2013 lalu, ketika Jeffrey Bush sedang tidur di rumah, tiba-tiba lantainya amblas dan terjatuh ke dalam sinkhole. Jerremy Bush, adiknya yang serumah dengannya melompat ke dalam lubang itu mencoba untuk menyelamatkannya tapi gagal. Ketika itu, permukaan tanah di sekitar wilayah tersebut amblas, petugas penyelamat hanya bisa menyelamatkan Jeremy, sementara Jeffrey Bush tidak ditemukan.

Setelah tragedi itu, pihak berwenang setempat merobohkan rumah keluarga Bush dan dua rumah tetangannya. Sebuah perusahaan pengolahan sinkhole meratakan sinkhole itu dengan batu kerikil. Pejabat daerah setempat mengatakan bahwa perusahaan tersebut akan mempelajari peristiwa sinkhole yang kembali membuka moncongnya itu.

Michelle Van Dyke, juru bicara pemda setempat mengatakan, bahwa setelah penanganan peristiwa tersebut, peristiwa sinkhole yang kembali membuka moncongnya itu tidaklah sedikit.

Sinkhole yang terbentuk pada Rabu (19/8/2015) lalu itu terletak sebidang lahan kosong yang dikelilingi oleh pohon-pohon dan tanaman perdu, sinkhole itu telah ditutup oleh pagar besi. Jika dilihat secara permukaan, kita tidak akan bisa melihat sinkhole baru yang terbentuk, namun dari foto udara menunjukkan di atas permukaan tanah itu memang ada sinkhole atau lubang yang terbentuk secara tiba-tiba.

Sinkhole yang terbentuk pada Rabu (19/8/2015) lalu itu terletak sebidang lahan kosong yang dikelilingi oleh pohon-pohon dan tanaman perdu, sinkhole itu telah ditutup dengan pagar besi oleh otoritas setempat. (video screenshot)

Ronnie Rivera, seorang petugas pemadam kebakaran setempat mengatakan pembentukan sinkhole yang baru itu tidak memakan korban jiwa, dan warga di sekitar juga tidak diminta untuk mengungsi.

Namun sinkhole baru itu menyebabkan warga setempat mengingat kembali kenangan tragis yang memilukan pada dua tahun lalu, sementara itu, kendaraan media dan wartawan yang meliput peristiwa tersebut memadati jalan-jalan yang sempit. Dan menurut penuturan penduduk setempat, bahwa sinkhole yang kembali terbentuk itu membuat mereka merasa was-was.

Lisa Robinson (51) yang tinggal di sekitar sinkhole itu mengatakan bahwa ia hanya kontrak rumah di sana, dan tidak berencana untuk tinggal permanen. Ia merasa heran, mengapa pada Selasa malam dan Rabu pagi itu anjingnya tidak mau pergi ke halaman belakang.

”Saya yakin anjing itu tahu apa yang akan terjadi,” kata Lisa Robinson kepada wartawan media setempat.

Sinkhole rentan terjadi di Florida. Akibat batuan dasar di bawah tanahnya yang berongga dan rentan membentuk lubang saat bertemu dengan air, karena itu, terjadinya sinkhole itu adalah hal yang biasa. Negara bagian tersebut juga meminta pihak perusahaan asuransi untuk memberikan asuransi bencana seperti itu. Meskipun ada mobil, rumah dan bangunan lainnya pernah ditelan sinkhole, namun, sinkhole yang “menelan manusia” itu sangat jarang terjadi. (jon/ran)

Share

Video Popular