Psoriasis adalah masalah kulit yang tahan lama yang menyebabkan sel-sel kulit tumbuh dengan pesat yang menimbulkan bercak tebal, berwarna perak atau merah pada kulit. Bercak ini dapat muncul di mana saja pada kulit tetapi biasanya ditemukan di daerah siku, lutut, punggung bawah dan kulit kepala. Psoriasis bisa bertahan selama seumur hidup atau untuk jangka waktu yang panjang. Gejala dan keparahan psoriasis bervariasi dari orang ke orang.

Berikut beberapa cara untuk menangani psoriasis.

Melembabkan

Pelembab kulit Anda adalah alat untuk mengurangi kulit yang kering. Ini tidak hanya dapat menghilangkan kulit bersisik, tetapi juga mencegah kulit yang kering. Dengan cara ini, juga dapat mengatasi masalah psoriasis.

Hindari paparan sinar UV

Kulit akan menjadi lebih sensitif, bila terkena sinar UV. Berjemur juga dapat memicu psoriasis. Pastikan Anda untuk menerapkan tabir surya sebelum melangkah keluar dari rumah.

Berhenti merokok

Merokok dapat memiliki efek negatif pada psoriasis. Nikotin dalam rokok akan menghentikan pertumbuhan sel dan mengubah sistem kekebalan tubuh Anda.

Tinggalkan alkohol

Alkohol juga berbahaya bagi Anda yang menderita psoriasis. Hal ini dapat meningkatkan risiko akan psoriasis, sehingga membuat kondisi kulit Anda menjadi lebih buruk.

Mereka yang mengonsumsi alkohol menyebabkan tubuhnya cenderung lebih cepat merespon pengobatan yang di lakukan, akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah, sehingga meningkatkan respon terhadap peradangan dan memicu psoriasis.

Makan yang benar

Makanan tertentu dapat memicu penyebaran dari psoriasis. Jadi, Anda perlu untuk mengonsumsi makanan yang sehat setiap harinya. Jika terserang psoriasis, sebaiknya untuk sementara Anda tidak mengonsumsi produk susu, daging merah dan makanan yang kaya vitamin A dan D. Makanlah makanan yang kaya anti-oksidan saja, sampai gejala psoriasis Anda hilang / sembuh.

Gunakan pelembab ruangan

Iklim dapat memengaruhi psoriasis berkembang pesat. Cuaca yang kering dapat memperburuk psoriasis. Anda disarankan untuk menghidupkan humidifier ( alat pelembab ruangan ) dalam rumah, ketika dirasakan suhu udara terasa kering dan tidak sejuk.

Berolahraga

Latihan (olahraga) dapat memainkan peran penting dalam pengobatan psoriasis. Olahraga dapat membantu untuk menjaga berat badan, yang berhubungan dengan psoriasis. Obesitas juga dapat menyebabkan peradangan kronis yang memburuk psoriasis.(Anai)

Share

Video Popular