Banyak orang tua berpikir anak – anak tidak mempunyai rasa khawatir dalam hidupnya. Anggapan ini keliru adanya, hanya karena anak –anak tidak memiliki tugas untuk bekerja dan mencari uang atau melakukan pekerjaan rumah tangga, tidak berarti anak – anak tidak punya rasa khawatir.

Dan sebagai orangtua, Anda sebaiknya dapat memberi perhatian serta mencari tahu apa penyebab dan alasan rasa khawatir dari anak- anak, dan bukannya mengabaikannya.

Berikut, ada bebera cara untuk meringankan kekhawatiran anak Anda.

Alasanya

Umumnya, penyebab anak – anak selalu khawatir akan beberapa hal seperti : nilai mereka, ujian atau tentang perlakuan teman- temen sekolahnya, ruang kelas yang kurang nyaman, kegagalan melewati ujian ( kegiatan sekolah ) atau dipermalukan oleh teman- teman sekolahnya dan sebagainya. Sebagai orangtua, Anda disarankan sebaiknya dapat belajar dan mencari tahu alasan serta penyebab rasa khawatir ini secepatnya juga.

Mendengarkan

Tunjukkan beberapa ketertarikan Anda dan mulai mendengarkan cerita dari anak Anda. Hal ini penting adanya, sehingga anak – anak dapat merasa nyaman dan bersedia menceritakan masalahnya. Beri dorongan pada anak Anda untuk mengungkapkan masalah kekhawatiran yang pikirkannya, sehingga Anda dapat mengetahui alasannya dan mencari solusi dengan tepat.

Tunjukkan rasa peduli

Ketika Anda benar-benar menunjukkan ketertarikan dan minat terhadap masalah yang dikhawatirkan anak, maka anak Anda akan merasa bahagia karena mendapat dukungan serta perhatian Anda. Beri semangat dan dukungan serta yakinkan anak akan solusi untuk mengatasinya, setelah Anda teliti mendengarkan masalah yang dihadapinya.

Mendidik

Ajarkan anak Anda bagaimana bereaksi dan mengambil tindakan yang baik, ketika masalah muncul dan juga mengajarkan bagaimana mengatasinya tanpa mendatangkan masalah yang baru. Ini dapat memperteguh keyakinannya, sehingga anak Anda dapat menemukan fakta bahwa, setiap masalah memiliki solusinya sendiri.

Beri gambaran

Yakinkan anak serta menghibur anak dengan memberitahukan bahwa, masalah yang dihadapinya hanyalah sebagai ujian dan batu loncatan untuk mendewasakan dirinya,dalam meraih tujuan yang lebih besar dimasa depan .

Makna dari khawatir yang dialami

Jika anak Anda memiliki kekhawatiran misalnya, tentang bagaimana nasib dunia ini, tentang pemanasan global yang meningkat, maka tanpa menyakiti perasaan anak, Anda dapat menjelaskan padanya bahwa seseorang harus lebih fokus pada saat ini, tanpa khawatir akan masa depan.

Memperkuat semangat anak

Beri dukungan serta memperkuat mental,semangat, keyakinan anak-anak Anda,sehingga dapat membuat mereka terbiasa hidup mandiri, serta dapat menaklukkan kekhawatiran mereka sendiri tanpa bantuan Anda, sampai tumbuh dewasa nantinya.(Anai)

Share

Video Popular