Anak-anak membutuhkan makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi untuk meningkatkan memori, daya ingat dan fungsi otaknya. Makanan yang kaya akan lemak trans, gula, dan mengandung bahan pengawet dapat meningkatkan racun dari radikal bebas. Hal ini dapat meningkatkan stres yang merusak sel, sehingga akan menghambat perkembangan yang sehat dari otak anak Anda.

Berikut ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak dan mendukung sistem kekebalan anak.

1. Kol dan bayam

Kol dan bayam kaya akan folat (vitamin B untuk pembentukkan sel baru ) dan vitamin. Dan kedua jenis sayur ini memiliki kemampuan detoksifikasi dan mengandung senyawa yang dapat mendorong pertumbuhan sel otak yang baru.

2. Telur

Sarapan adalah makanan yang penting bagi anak kecil di pagi hari. Dengan mengonsumsi telur organik yang kaya akan protein dan gizi yang tinggi, dapat meningkatkan konsentrasi, memori dan daya ingat anak sepanjang hari.

3. Greek yogurt

Mengonsumsi yogurt yang berlemak adalah penting untuk kesehatan otak anak Anda, namun haruslah yang tepat. Yogurt penuh lemak seperti yogurt Yunani dapat membantu dan menjaga membran sel otak anak menjadi fleksibel dan kuat.

4. Bunga kol ungu

Sayur sehat ini mengandung nutrisi antosianin (zat antioksidan) yang bermanfaat untuk melawan peradangan dalam tubuh anak. Selain itu, bunga kol ungu mengandung kadar gula yang rendah, juga kaya akan serat, folat, dan vitamin B6 yang dapat membantu mengatur suasana hati dan meningkatkan konsentrasi belajar anak.

5. Ikan

Lemak ikan merupakan sumber yang baik dari vitamin D dan omega 3s yang dapat melindungi otak terhadap penurunan maupun kehilangan memori serta daya ingat anak. Dengan banyak mengonsumsi ikan juga terbukti dapat meningkatkan perhatian maupun konsentrasi anak.

6. Blueberry

Blueberry tidak hanya dapat memperbaiki penglihatan dan mempengaruhi kemampuan anak untuk fokus, tetapi juga dapat meningkatkan kekuatan otak anak. Selain itu, Blueberry kaya akan polifenol dan antioksidan, yang bermanfaat untuk melawan penyakit yang menyerang tubuh anak.

7. Oatmeal

Oatmeal kaya akan protein dan serat, yang bermanfaat untuk membersihkan jantung serta arteri otak anak, sehingga dapat mendorong aliran darah yang tepat dan fungsi kognitif yang optimal.

8. Alpukat

Apulkat adalah buah yang sangat baik dikonsumsi bagi anak – anak. Bukan saja karena rasanya yang lezat saja, tetapi bermanfaat untuk mendukung penyerapan nutrisi dari sayuran lainnya.

Selain kaya lemak yang sehat, alpukat juga mengandung zat folat, vitamin K juga kalium, sehingga dapat membantu dan mengatur tekanan darah serta memperkuat otak anak.

9. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Anak-anak suka mengonsumsi makanan ringan, sehingga tubuh mereka cepat tumbuh dan berkembang. Pastikan untuk melengkapi makanan sehat anak Anda dengan biji- bijian dan kacang- kacangan yang kaya vitamin dan protein. Selain itu, kacang mete juga kaya akan asam lemak esensial dan penguat protein, yang baik bagi kesehatan otak anak.

10. Apel

Buah apel kaya akan quercetin (antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan taraf kesehatan secara umum) dan efektif untuk melawan penurunan kognitif. Mengonsumsi sebuah apel setiap hari, dapat membantu dan memperkuat daya ingat anak.

11. Ayam organik / ayam kampung

Sumber racun dan antibiotik mudah bersembunyi dalam lemak hewani. Anda disarankan sebaiknya memilih dan mengonsumsi daging ayam kampung yang alami dan organik saja.

12. Kunyit

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kurkumin ( senyawa utama dalam kunyit ) dapat membantu pertumbuhan otak anak. Pastikan anak Anda mengonsumsi menu harian yang mengandung kunyit untuk kesehatan dan memori otak.(Anai/Yant)

Share

Video Popular