Tidur nyenyak di malam hari bermanfat bagi kesehatan jasmani dan rohani, namun, kualitas tidur seseorang acapkali dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya aktivitas di siang hari, pola makan dan kondisi mental.(Fotolia)

Sebagian besar rutinitas dalam kehidupan sehari-hari dimulai dari segelas kopi di pagi hari, banyak yang suka minum kopi dan kecanduan, bahkan saat malam hari menjelang istirahat pun minum lagi segelas sebagai penutup. Kebiasaan ini bisa jadi akan membuat anda menjadi burung hantu yang melek di malam hari, lama kelamaan jika terus seperti ini pasti akan mengacaukan jam biologis anda dan berdampak buruk pada ksehatan.

Sebuah studi terbaru Amerika mengonfirmasikan, bahwa malam hari memang tidak baik minum kopi. Minum kopi pekat tiga jam menjelang tidur akan membuat jam biologis tubuh tertunda sekitar satu jam. Laporan terkait telah dipublikasikan dalam jurnal “Science Translational Medicine” Amerika.

Para peneliti di University of Colorado, AS, merekrut dua pria dan tiga wanita untuk ikut berpartisipasi dalam percobaan terkait. Peneliti meminta lima orang untuk minum pil plasebo atau sebutir pil kafein tiga jam sebelum tidur, kadar kafein yang terkandung dalam pil kafein setara dengan dua porsi kopi pekat. Dan menambahkan faktor cahaya sebagai uji coba.

Melatonin merupakan regulator penting dari jam biologis tubuh. Semasa penelitian selama 49 hari secara berkelanjutan, peneliti secara berkala menguji kadar melatonin dalam air liur peserta, dan hasilnya menunjukkan bahwa dibandingkan plasebo, minum sebutir pil kafein di bawah kondisi cahaya rendah, membuat jam biologis tubuh tertunda 40 menit, jika diganti dengan 3 jam pancaran cahaya yang menggangu tidur, maka jam biologis tubuh akan tertunda 85 menit, jika pancaran cahaya ditambah pil kafein, maka jam biologis tubuh akan tertunda 105 menit.

Kafein dapat merangsang sistem saraf pusat, sering dipandang sebagai “obat pembangkit semangat”, tergolong suatu zat kamia Xanthine. Kafein dapat meresap ke darah melalui lambung dan usus kecil, setelah minum minuman berkafein, sekitar 15 menit kemudian akan memicu efeknya. Jika minum kafein dalam jumlah yang banyak secara kontinyu, atau minum kopi menjelang tidur di malam hari, maka jiwa anda akan terus dalam keadaan tereksitasi (bergairah, gembira bisa juga marah), sehingga tubuh Anda juga akan ekstrim lelah karena ausnya energi.

Profesor Kenneth Wright, kepala penelitian dari universitas tersebut mengatakan, bahwa hasil dari penelitian itu lebih lanjut menjelaskan sebaiknya jangan minum kopi menjelang tidur. Namun, bagi sejumlah wisatawan justru bisa membantu jet lag (kelainan waktu tidur sementara atau merasa lelah dan kebingungan setelah perjalanan panjang dengan melintasi beberapa zona waktu menggunakan pesawat terbang) dan mengatur jam biologis mereka. (Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular