Banyak manfaat dari membaca, di antaranya bisa mendapatkan banyak pengetahuan yang berbeda, mengembangkan ide-ide. Ada banyak hal yang tidak bisa kita praktekkan secara individual, namun, dari berbagai buku bacaan bisa memperluas wawasan kita, dan membaca itu ibarat bertambah satu sahabat karib.

Begitu banyak manfaat dari membaca, lalu bagaimana menumbuhkan kebiasaan anak-anak untuk membaca dan merasakan kenikmatan dari membaca itu ?

Pertama-tama biarkan anak-anak memiliki keinginan dan motivasi untuk membaca, tapi sebaiknya jangan menggunakan cara dengan menjanjikan uang atau hadiah, hal ini untuk menghindari agar anak-anak tidak melakukan sesuatu itu hanya karena demi mendapatkan materi (uang) atau hadiah, sehingga akan mengakibatkan penyimpangan dari konsep nilai itu sendiri.

Selaku orangtua yang bijak, sebaiknya membantu anak-anak menciptakan sebuah lingkungan membaca yang baik, seperti misalnya mematikan TV dan membaca bersama anak-anak ; memilih buku yang baik sesuai dengan tingkat usia anak-anak, agar mereka merasakan sukacita dari membaca, dan secara tulus suka membaca ; berikan pujian lisan padanya ketika mencapai hasil yang baik dari membaca.

Menumbuhkan kebiasaan baik membaca anak-anak, dan membaca bersama orangtua-anak adalah sesuatu hal yang menyenangkan, selain itu juga merupakan sebuah media komunikasi yang baik antara orangtua-anak.

Ketika anak-anak sedang membaca, Anda selaku ayah/ibu yang baik bisa membaca bersamanya, mendengarkannya dengan sungguh-sungguh berbagi cerita atau isi artikel dalam buku yang dibaca. Hal ini tidak hanya mempererat hubungan yang akrab antara orangtua-anak, sekaligus juga memacu anak-anak menjadi suka membaca dan merasakan kenikmatan membaca di tengah kehangatan keluarga.

Orangtua di era sekarang terkadang sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, ditambah lagi dengan kemajuan teknologi yang berkembang pesat dewasa ini, sehingga permainan dalam produk elektronik telah menjadi teman-teman sepermainan anak-anak, akibatnya waktu interaksi antara orangtua-anak menjadi sedikit.

Membaca anak-anak akan menjadi lebih menarik dengan partisipasi dan kebersamaan Anda dalam menumbuhkan kebiasaannya membaca. Menemani pertumbuhan pengetahuan anak-anak merupakan sebuah kunci untuk mengaktifkan kecerdasan dan kearifannya.(Jhn/Yant)

Share

Video Popular