Keterangan gambar: Ilmuwan menemukan segugusan galaksi raksasa yang mampu menghasilkan 800 bintang setiap tahun. (Sumber NASA)

Kemisteriusan dan maha jauhnya benda langit tidak bisa disingkap secara ilmu pengetahuan manusia. Astronom menemukan segugusan galaksi raksasa di kejauhan 9,8 miliar tahun cahaya, dengan seri “SpARCS1049 + 56”, dan dengan kecepatan yang menakjubkan mampu menghasilkan 800 bintang baru setiap tahun.

Menurut laporan terkait, gugusan galaksi ini terletak di konstelasi Ursa Major (Beruang besar). Massa-nya setara dengan 400 triliun matahari. Sementara internalnya mengandung 27 galaksi. Umumnya di pusat galaksi terbentuk dari sisa-sisa bintang, yang merupakan lokasi bintang merah purbakala atau bintang mati. Namun, yang mengejutkan, di pusat gugusan galaksi raksasa ini, justru melahirkan bintang-bintang baru dengan kecepatan yang menakjubkan, dan kondisi ini diluar dugaan ilmuwan.

Menurut penuturan professor Gillian Wilson dari University of California, gugusan galaksi ini sangat unik, mampu menghasilkan 800 bintang setiap tahun dengan massa seperti massa matahari, dan kecepatan pembentukan bintangnya itu juga sangat menakjubkan. Sementara galaksi di tempat keberadaan kita, hanya sanggup membentuk satu bintang setiap tahun dengan massa seperti massa matahari. Hasil laporan penelitian ini dipublikasikan dalam “Astrophysical Journal” edisi terbaru.

Para ilmuwan sangat gembira terkait temuan terbaru itu, namun, ini akan menjadi tantangan besar bagi komunitas ilmiah jika ingin mengeksplorasi gugusan galaksi “SpARCS1049 + 56”, selain itu juga perlu dilengkapi dengan sejumlah teleskop canggih, baru bisa mendalami rahasia gugusan galaksi raksasa ini. (Secretchina/joni/rmat)

Share

Video Popular