Oleh: Zhang Ruo Wei

Banyak pasien wanita ketika berkonsultasi sering kali akan bertanya kepada saya: “Dokter Zhang, menurut Anda apakah saya tergolong kelompok tubuh yang panas – kering?” Saya terkadang akan menjawab: “Bukan, Anda tergolong kelompok yang bagian atasnya panas bagian bawahnya dingin.” Mendengar hal itu reaksi para pasien selalu kebingungan.

Menurut pengalaman klinis, saya menemukan bahwa banyak orang zaman modern ini tergolong kondisi tubuh kompleks yang “dingin panasnya tidak serasi”. Mengapa demikian? Kami akan menjelaskan prinsip ini secara sederhana berikhwal dari tubuh manusia yang bersifat menakjubkan.

Mekanisme operasional tubuh manusia yang normal

Agar tubuh beroperasi secara normal, pasti bergantung pada sistem skresi dalam (endokrin), sedangkan pituitary body merupakan direktur jenderal dari sistem endokrin. Pituitary body terletak pada bagian bawah dari otak, terbagi atas bagian depan dan bagian belakang, dapat menghasilkan berbagai jenis hormon, bagian depan terutama berhubungan dengan hormon yang berkaitan dengan kehidupan, sedangkan bagian belakang berhubungan dengan hormon yang berkaitan dengan reproduksi.

Andai kata pituitary body adalah sebuah pabrik, dalam hal efisiensi berproduksi, pada kondisi jiwa raga yang harmonis dan fungsi faal yang beroperasi normal, maka perbandingan setiap jenis hormon yang dihasilkan adalah sepadan, yaitu skresi endokrin normal.

Penyebab kemandulan

Namun jika tubuh selalu berada pada keadaan berikut:

1. Kerja dan istirahat yang tidak normal, kurang tidur, kekuatan tubuh terkuras secara berlebihan, sehingga ada pada kondisi kelelahan; PTT menganggapnya sebagai manifestasi dari “kekurangan energi vital”.

2. Tegang, tertekan, cemas, marah, dambaan hati yang tidak terpuaskan dan lain-lain kondisi buruk kesehatan psikologis; PTT menganggapnya sebagai manifestasi dari “kemacetan peredaran energi vital / Qi”.

3. Kondisi kurang gerak dan bagian dalam tubuh ada yang terluka; PTT beranggapan sebagai manifestasi dari blood stasis (banyak penyumbatan pada peredaran darah).

4. Dalam lingkungan terlalu banyak kontak dengan B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) dan terlalu banyak mengonsumsi junk food (makanan kurang bergizi dan dapat mengganggu kesehatan); PTT menganggapnya sebagai “zat beracun”.

Maka untuk mempertahankan agar tetap memenuhi persyaratan hidup, tubuh akan meningkatkan produksi hormon-hormon yang berhubungan dengan kehidupan; sebaliknya akan menekan jumlah produksi hormon yang berkaitan dengan perkembangbiakan, dalam kondisi turunnya kemampuan bereproduksi, terpaksa mengorbankan perilaku dan kemampuan berkembang biak, dan berkonsentrasi untuk mempertahankan hidup, banyak sekali kondisi fungsi kemandulan yang muncul seperti ini.

Tekanan di daerah metropolitan mudah menyebabkan kemandulan

Dipandang dari sudut lain struktur anatomi tubuh manusia, paruh atas tubuh manusia terutama merupakan keberadaan organ yang berhubungan dengan kehidupan, sedangkan paruh bawah tubuh manusia merupakan struktur yang berhubungan dengan pembiakan, ketika faktor patologi yang diuraikan di atas merongrong kondisi tubuh, sebagai akibat membela diri untuk bertahan hidup, maka akan muncul keadaan, bagian atas tubuh membara (atas panas), bagian bawah tubuh melemah (bawah dingin).

Apalagi di daerah metropolitan yang sibuk, di bawah pengaruh tekanan hidup berjangka panjang, baik pria maupun wanita acap kali dapat saja memiliki kondisi laten tubuh yang seperti ini. Persentase suami istri yang mandul terus bertambah, bagaimana memperbaiki hambatan dalam bidang ini? Disarankan untuk berlatih “pernapasan perut”, yang dapat membantu Anda untuk pulih dari kelelahan otak secara santai, memperbaiki risiko kemandulan laten. (Pur/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular